Lima Fraksi Kompak tak Sebut Nama Cawabup

Cibinong – Desakan lima fraksi di DPRD Kabupaten Bogor, agar jabatan Wakil Bupati (Wabup) segera diisi mulai membuahkan hasil. Pasalnya Rabu (03/08) ini, Badan Musyawarah (Bamus) rencananya akan membahas proses pembentukan Panitia Pemilihan (Panlih).

“Kita harapkan Bamus segera menetapkan jadwal pembentukan Panlih, karena berdasarkan keputusan rapat paripurna Senin (01/08) lalu, pimpinan sudah memutuskan paling lambat pada bulan Oktober nanti, Bu Nurhayanti sudah punya pendamping,” kata Sekretaris Fraksi Restorasi Kebangsaan, Hendra Budiman, Selasa (02/08).

Hendra mengungkapkan, enam dari tujuh fraksi sepakat atau kompak, tidak akan menggadang-gadang calon yang akan dimajukan di pemilihan nanti.

“Kalau masalah itu ranahnya berbeda, karena itu kewenangan partai masing-masing. Yang jelas bagi enam fraksi, pemilihan harus segera digelar, karena perangkat hukumnya sudah lengkap,” tegasnya.

Ketua Fraksi PPP – Hanura Junaidi Syamsudin menyatakan hal senada, ia mengungkapkan, akibat ketiadaan Wabup, belakangan ini banyak persoalan yang muncul kepermukaan, dari mulai SILPA, aksi unjuk rasa jalan rusak hingga Bupati digugat ke Pengadilan Negeri Cibinong. “Kami tak mempermasalahkan siapa pun orang yang akan jadi Wabup,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat Ade Senjaya menambahkan, persoalan siapa yang akan dimajukan menjadi calon Wakil Bupati bisa dikompromikan dengan seluruh partai politik pengusung pasangan Rachmat Yasin dan Nurhayanti pada Pemilukada 2013 lalu.

“Rakyat Kabupaten Bogor sudah lama menginginkan daerah berpendudukan 5,4 juta jiwa ini, tak hanya dipimpin satu orang, DPRD tak boleh mengabaikan aspirasi yang berkembang di masyarakat, karena ingat kita-kita ini wakil dari mereka, sehingga wajib hukumnya untuk memperjuangkannya,” tegas Anggota Komisi III itu.

Bupati Nurhayanti di setiap kesempatan, ketika ditanya soal Wabup,  menyerahkannya sepenuhnya kepada parpol koalisi. “Kalau ada dua orang yang memimpin Kabupaten Bogor, kan tugas berat bisa menjadi ringan, karena ada dua orang pemimpin yang ikut mencari solusinya,” katanya singkat. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.