by

Ini Dia Tanaman Hias Yang Berguna Bagi Kesehatan

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional, menurut sebuah studi yang dilakukan profesor kimia, Vadoud Niri dan timnya di Universitas Negeri New York di Oswego, tanaman hias merupakan salah satu cara yang baik untuk menyerap senyawa kimia yang mudah menguap di udara.

Senyawa berbahaya sebenarnya banyak ditemukan dalam cat, furnitur (mebel), printer, peralatan pembersih dan bahkan pakaian bersih. Namun beberapa tanaman disebut efektif menyerap bahan kimia tertentu.
Berikut jenis tanaman hias yang bermanfaat bagi kesehatan.

Crassula argentea (tanaman jade), sangat baik menyerap toluena (bahan kimia dengan aroma yang kuat dan khas) yang dipancarkan oleh mobil, bensin, minyak tanah, minyak pemanas, cat dan lak.

Lili Paris, Chlorophytum comosum, sejenis tanaman laba-laba atau dikenal dengan lili paris sangat disarankan bagi perokok. Alasannya, karena selama beberapa hari dapat menyerap 90% dari formaldehid dan karbon monoksida, yaitu bahan dari asap rokok.

Bromeliad ini dapat menghidupkan rumah Anda dengan sedikit warna merahnya, tapi tumbuhan juga pemurni udara terbesar untuk benzena (pelarut industri utama dan digunakan dalam proses produksi plastik). Tanaman ini dapat menyerap lebih dari 90 persen bahan kimia yang dapat Anda temukan di lem, cat, lilin, furnitur dan detergen. Anda juga dapat bernapas lega jika Anda tinggal dekat pom bensin, situs limbah berbahaya atau fasilitas industri.

Kaktus Karibia dapat menyerap 80 persen dari etilbenzena di udara. Bahan kimia beracun dapat ditemukan di barang-barang seperti bahan bangunan, produk elektronik, kemasan makanan, furniture, produk perawatan taman dan bahkan mainan.

Dracaena pertimbangkan dekorasi dengan tanaman dracaena, yang dapat menyerap lebih dari 90% aseton! Aseton sering ditemukan dalam produk umum seperti cat kuku atau pembersih rumah tangga. Yang tinggal di dekat jalan yang sibuk atau fasilitas yang memproduksi cat, plastik, bahan kimia, serat buatan dan sepatu juga akan meningkatkan risiko menghirup gas beracun.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed