Mahasiswa Baru Unpak Diajak Tanam Pohon

Kota Bogor – bogorOnline.com

Berakhirnya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahaiswa Baru (PKKMB) Universitas Pakuan, berbagai kegiatan penutup digelar di seluruh fakultas yang ada di Unpak. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Budaya (Fisib) yang menggelar kegiatan penanaman pohon dilakukan oleh para mahasiswa baru pada penutupan PKKBM, Jumat (9/9/16).‎

Dekan FISIB Unpak Dr. Agnes Setiawan mengatakan, penanaman pohon ini dasar berpikirnya prilaku kecendikiawanan atau rasa kepedulian terhadap lingkungan dan sesama bagaimana berperan dalam mengentaskan kemiskinan, membantu sesama untuk keluar dari masalah sosial ekonomi.

“Ini simbolis dilakukan kegiatan penanaman pohon karena melihat lingkungan saat ini sudah tidak baik karena banyaknya pembangunan di Kota Bogor. Kita ajak kepada seluruh mahasiswa baru Fisib untuk peduli terhadap lingkungan dengan menggiatkan penanaman pohon di ruang terbuka hijau,” katanya.

Ini juga, lanjut Agnes, dalam bentuk melestarikan kembali alam yang sudah mulai rusak, karena di Kota Bogor ini banyak sekali kegiatan pembangunan, sehingga suasana penghijauan juga sudah berkurang. Ketersediaan oksigen juga menurun apabila banyak pembangunan, dan penanaman pohon yang dilakukan salah satu langkah upaya dalam menangani persoalan tersebut. Kegiatan ini juga akan dilakukan secara rutin dan merupakan kebijakan pemerintah dengan mengajak para mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan dan sesama.

“Kita juga akan menghimbau kepada seluruh mahasiswa baru di Unpak untuk membawa bibit pohon, nanti bibit pohon itu akan ditanam diseluruh area kampus dan dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam di lingkungannya masing masing. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk kegiatan penghijauan selanjutnya yang dilakukan oleh Unpak,” jelasnya.

Dalam penutupan kegiatan PKKBM ini diharapkan seluruh mahasiswa baru bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga nanti juga berperan dalam prestasi dan juga langkah langkah mereka dalam menuntut ilmu disini. “Kalau dalam PPBN menekankan soal disiplin dan pada PKKBM ini juga demikian, termasuk adanya pengetahuan pengetahuan awal yang mereka dalami untuk belajar di Unpak ini. Kamio berharap para mahasiswa baru Unpak ini semakin semangat dalam belajar dan terus meningkatkan kemampuannya sesuai dengan fakultas maupun jurusan yang dipilihnya,” pungkasnya.(bunai)