by

Ribuan Mahasiswa Baru Unpak, Ikuti Pendidikan Bela Negara

Kota Bogor – bogorOnline.com

Sebanyak 4.200 mahasiswa baru dari 32 bidang studi yang ada di Universitas Pakuan (Unpak) Bogor melaksanakan kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) tahun ajaran 2016.

Kegiatan bertajuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban mahasiswa yang bermartabat, inovatif, kreatif dan berdaya saing, berlangsung pada 5 – 7 September di Pangkalan TNI AU Atang Sanjaya (ATS).

Rektor Unpak Bibin Rubini mengatakan, mahasiswa Unpak tahun ini jumlahnya mencapai 4.200 orang. Untuk mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPBN baru berjumlah 3.600 orang sementara sisanya sedang proses registrasi.

“Ini untuk tahun kedua kegiatan PPBN Unpak bekerjasama dengan Pangkalan TNI AU ATS. Hal i ni berkaitan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekarang supaya mereka (mahasiswa) memiliki kedisiplinan, tanggung-jawab dan penghormatan kepada pimpinan,” kata Bibin, Senin (5/9/16).

Bibin mengharapkan, mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa kelak harus mampu dan bisa menerapkan pengetahuannya mengenai wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara.

“Tujuan nya adalah, agar dalam diri mahasiswa juga tumbuh jiwa korsa dan jiwa taruna serta saling menghormati sebagai anak bangsa,” harapnya.

Kegiatan PPNB menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya, Panglima Komando Operasi (Pangkoops) TNI AU 1 Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Brigjend Polisi Drs. Suedi Husein, SH, Direktur kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, Dr. Didin Wahidin, Pangdam III Siliwangi Mayor Jendral TNI Hadi Prasodjo, ti Lanud Atang Sendjaja, dan lainnya.

Panglima Komando Operasi (Pangkoops) TNI AU 1 Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna usai memberikan materi tentang pertahanan udara Indonesia, mengatakan, dengan bela negara ini disispkan bahwa kepentingan angkatan udara sangat besar untuk mempertahankan NKRI. Semua mahasiswa Unpak generasi bangsa ini harus tahu bahwa daratan Indonesia sepertiga, lautan dua pertiga dan udara tiga pertiga. Semua seluk beluk persenjataan, luasan wilayah serta strategi pengamanan negara harus diketahui oleh semuanya.

“Saya ingin para mahasiswa baru ini tergugah bahwa angkatan udara itu memiliki tugas utama dalam membela NKRI, sehingga para generasi bangsa ini memiliki kesadaran tinggi dalam membela negaranya,” jelasnya.

Para mahasiswa nampak terlihat antusias mengikuti dengan seksama pemaparan materi. Pada sesi tanya-jawab pun beberapa pertanyaan langsung ajukan mahasiswa ke Pangkoops TNI AU 1.

“Sntusias mahasiswa untuk mengikuti PPNB sangat tinggi. Dengan adanya kegiatan ini, menumbuhkan jiwa patriotisme, kenegaraan bela negaranya, mengedepankan disiplin, bekerja keras dan dalam hidupnya selalu mengedepankan membela ibu pertiwi NKRI,” tandasnya.(bunai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed