Jadi Agen Perubahan, Mahasiswa Unpak Sentuh Masyarakat

bogorOnline.com-Sukaraja

Tantangan dalam dunia pendidikan semakin beragam, banyaknya tantangan itu membuat Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (Hima D’Basis) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan (FKIP Unpak), melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) dengan tema Cultivation on The Agent of Change di SDN Cikeas 01, Kecamatan Sukaraja, Sabtu (8/10/16).

“Kita ingin menggerakan mahasiswa untuk aktif dalam membangun masyarakat, karena kita pahami mahasiswa punya peran dan fungsi membangun budaya massyarakat kearah yang lebih baik, tentunya melalui kegiatan edukatif,” kata Ketua Hima D’Basis FKIP Unpak Bogor, Jihaddul Falah Muharam.

Mengenai kegiatan sambung dia, para peserta diberikan bekal materi untuk bersosialisasi langung dengan masyarakat, seperti mengajar langsung di lingkungan masyarakat sekitar Desa Cikeas. “Kita juga berikan materi team work dan problem solving terhadap permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan yang kerap terjadi di massyarakat seperti rendahnya minat balajar,” tegasnya.

Bahkan, para mahassiswa harus bisa mengajarkan massyarakat yang ditemuinya untuk mampu belajar bahassa Inggris aktif. “Kita coba mahasiswa ini jadi komunikatif yang baik, artinya massyarakat yang ditemui harus bisa mengucapkan bahassa inggris walaupun tiga atau lima kata dan ini sifatnya responsive,” imbuhnya.

Sementara Itu, Sekretaris Prodi FKIP Bahasa Inggris Unpak Bogor Gusnadi mengungkapkan, ini merupakan langkah positif yang dibangun mahasiswa FKIP Unpak dalam mengaplikasikan keilmuan yang sudah dipelajari di Kampus.

“Kami dukung dan apresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini membuat mahasiswa berinteraksi langsung dalam masyarakat, sehingga mahasiswa benar-benar real berhadapan dengan masyarakat, tentu berbeda dengan ketika dikampus, jadi tantangnnya berbeda,” kata Gusnadi.

Untuk itu, dirinya mendukung kegiatan mahasiswa yang mampu berkontribusi langsung dengan masyarakat, karena ini memang sesuai dengan visi dan misi Unpak Bogor yang mampu hadir dalam persoalan masyarakat.

“Kita hadirr sebagai solusi, makanya kami akan selalu mendukung ativitas mahasiwa yang berkontribusi dengan masyarakat langsung,” pungkasnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.