WARGA PERUM KINAN CITY GELAR PENYULUHAN PSHYCOLOGY FIRST AID

Cibinong, bogoronline.com – Tingginya rutinitas dan masalah hidup sehari-hari memicu stress dan gangguan mental di kalangan masyarakat. Untuk itu, perlu keterlibatan masyarakat secara luas mengatasi gejala ini agar tidak bertambah buruk.

Kesimpulan ini menjadi inti dari acara penyuluhan kesehatan yang digelar oleh warga Perum Kinan City, Minggu (23/10/2016). Acara dengan tema ini “psychological first aid”  ini untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia yang bertepatkan pada tanggal 10 Oktober. Acara ini di ikuti oleh seluruh warga kinan city dari mulai anak-anak, remaja, dan para orang tua.
“arti dari tema tersebut yaitu Semua masyarakat bisa memberikan dukungan pisikologi ke orang-orang sekitar, tidak hanya dokter, relawan, atau pisikolog,” demikian disampaikan, Suju Pratiwi, M.Psi yang memberikan materi dalam acara tersebut.

Suju menyampaikan memahami psychological first aid merupakan hal yang penting karena memang di Dunia bahkan di Indonesia angka gangguan jiwa sudah tinggi, dan sementara untuk ganguan mental ringan itu bisa di atasi sendiri dengan diadakannya acara seperti ini. “Dan bisa mengurangi angka ganguan mental ringan. Dan dari penyuluhan ini kita memberikan teknik-teknik bagaimana kita membantu orang di sekitar kita dari ganguan mental tersebut.
Penerapannya bisa dalam sehari-hari, dari mulai sekolah atau bertetangga,” kata dia.
Harapannya, sambung Suju, kita balik lagi kepada tema, kita bisa memberikan dukungan pisikologi awal kepada teman, keluarga bahkan ke tetangga. “Pesan saya untuk para orang tua, guru yang banyak interaksi kepada remaja supaya lebih aware, dan bisa menerapkan teknik psychologi first aid di dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya (ratna)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *