Ada Lubang Jalanan Saat Bermotor, Rem Atau Gas ?

bogorOnline.com
Dikutip dari salah satu media online nasional, jalan berlubang tentu sangat berbahaya terutama bagi para pengendara sepeda motor. Pengendara yang menghantam jalan berlubang bisa berisiko jatuh, kendaraan pun akan rusak.

Lalu bagaimana mensiasati saat berkendara di jalan berlubang? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pengendara sepeda motor harus terlebih dahulu memahami kunci penting saat berkendara yakni kendali dan keseimbangan.

Saat berkendara di medan bergelombang pengendara harus mampu menguasai keseimbangan motor tersebut. “Pastikan rider ada pada posisicenter of gravity, motor akan mengikuti arah sudut jalan.

Jika pengendara menghantam jalan berlubang, diupayakan pemotor menyeimbangkan tubuhnya. Agar saat menghantam jalan berlubang, pengendara tak jatuh dari motor.

Angkat sedikit tubuh rider untuk meredam guncangan. Atur sudut tanganrider sehingga mampu meredam guncangan. Pegang grip setang dengan erat, sehingga keseimbangan motor terjaga.

Dalam hal pertahanan diri, pengendara yang tengah dalam kecepatan tinggi diminta untuk mengurangi kecepatan motor saat hendak mengetahui ada jalan berlubang, bukan dengan menambah kecepatan, seperti yang diyakini sebagianbiker. Sehingga hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan.

Sebelum masuk lubang rem perlahan, jangan mendadak direm, karena shockbreaker depan bisa patah atau jebol. Yang penting jaga jarak aman dan pengendara harus peka dengan kondisi jalan yang akan dilalui,” katanya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.