Dewan Minta PNS Keluyuran Jam Kerja Ditertibkan

Bogoronline.com – Cibinong – Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor, Junaidi Samsudin mengimbau dengan tegas bagi masyarakat luas agar segera menangkap PNS Pemkab Bogor yang keluar kantor tanpa izin atasannya dan segera membawanya ke DPRD khususnya anggota Komisi 1. Pasalnya, dengan aktivitas di luar kantor tanpa izin atasan dapat mengganggu pelayanan publik dan kontraproduktif dengan semangat Bupati Nurhayanti dalam menegakkan aturan bagi PNS.

 

“Kalau masyarakat luas melihat ada oknum PNS yang keluar kantor di jam kerja tanpa mengantongi izin dari atasannya, langsung tangkap dan bawa ke kami. Oknum PNS yang keluyuran di jam kerja ini kalau dibiarkan dapat mengganggu tatakerja yang sudah diatur terkait aparatur sipil negara,” tegas Junaidi Samsudin kepada wartawan, Selasa (22/11/2016).

 

Junaidi menjelaskan, saat ini masih banyak laporan yang masuk ke Komisi 1 bahwa sejumlah oknum PNS kerapkali keluar kantor tanpa izin atasannya dan ketika ketahuan melontarkan banyak alasan.

 

“Kami di Dewan bersama pimpinan SKPD sudah sepakat menerapkan prinsip Good Governance dengan profil aparatur sipil negara yang profesional, di antaranya adalah patuh pada jam kerja yang sudah ditetapkan dan jika keluar kantor harus seizin tidak hanya sepengetahuan atasan tapi seizin atasannya. Kalau ini tidak diterapkan dapat menjadi preseden buruk kinerja birokrasi di masyarakat,” ujar politikus PPP dapil 2 Kabupaten Bogor.

 

Lebih lanjut, Junaidi menambahkan, jika ada masyarakat yang telah menangkap oknum PNS yang sedang keluyuran tanpa izin ke DPRD, Komisi 1 akan langsung memanggil atasan oknum tersebut dan mempertanggungjawabkannya kepada Komisi 1, kemudian akan dilaporkan ke Bupati Bogor untuk diberikan sanksi tegas dari BKPP dan Inspektorat yang membidangi penilaian aparatur sipil negara tersebut.

 

“Dan atasan dari oknum itu seperti kepala dinas juga akan kami beri penilaian negatif karena tidak mampu melakukan pembinaan kepada anakbuahnya,” tandas Anggota Badan Anggaran DPRD. (Herry Keating)

 

Comments