Meriahnya Perayaan HUT GTP Pertama

Kota Bogor – bogorOnline.com

Setelah eksis setiap minggunya melakukan kegiatan penanaman pohon di Kota Bogor, Gerakan Tanam Pohon (GTP) merayakan peringatan satu tahun GTP yang di pusatkan di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Minggu (20/11/16).

HUT Gerakan Tanam Pohon yang dipelopori oleh Alumni Fahutan E28, RAPI Bogor, Bogor Women Club dan Pena Hati Bogor, dihadiri berbagai pihak, diantaranya, Walikota Bogor Bima Arya, Wawalkot Usmar Hariman, para pimpinan DPRD diantaranya, Untung W Maryono, Heri Cahyono, Sopian dan Jajat Sudrajat, Ketua Komisi C Zaenul Mutaqin, para pimpinan partai politik di Kota Bogor, para tokoh masyarakat. Acara GTP dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Metro Lampung, Anna Morinda.

Acara tampak meriah dan semarak, semangat kebersamaan sangat terlihat dalam kegiatan GTP, dari berbagai pihak dan kalangan bersatu padu memeriahkan kegiatan tersebut. Antaralain seperti kegiatan potong tumpeng, penanaman pohon di area Danau Setugede, pagelaran tari Gandeus Pemanteus, pembagian doorprise, bazar hasil UKM, Fashion Show dari binaan Ika Kartika dan lain sebagainya.

Ketua gerakan menanam pohon Kota Bogor, Hari Priyadi mengatakan, kegiatan menanam ini mendukung Kota Bogor untuk menjadi green city. Dengan semakin banyaknya komunitas masyarakat yang ikut terlibat menanam ini akan menggerakkan secara masiv kesadaran warga Kota Bogor untuk menanam, paling tidak satu orang menanam satu pohon di lingkungannya.

“Saat ini GTP tetap fokus melakukan penanaman pohon di 6 kecamatan sekota Bogor. Dengan usia satu tahun ini, tentunya GTP ini harus di suport dan didukung penuh berbagai pihak. Dalam waktu dekat, kegiatan penanaman pohon yang sudah berlangsung di Kota Bogor ini akan di adopsi oleh Adeksi, dan Presiden Jokowi nanti akan ikut menanam pohon di Kota Bogor,” kata Hari.

Salah satu penggagas GTP, Herry Cahyono mengatakan, untuk kegiatan penanaman pohon selanjutnya akan fokus di pemukiman masyarakat dan lokasi lokasi rawan longsor diseluruh Kota Bogor. Saat ini GTP sudah milik masyarakat Kota Bogor dan berbagai pihak, salah satunya lintas para partai politik juga ikut mendukung kegiatan ini.

“Penanaman pohon ini harus terus berjalan, oleh siapapun dan dimanapun juga. Kami berharap GTP ini disuport terus oleh berbagai pihak, dan masyarakat mendukung penuh, sehingga Kota Bogor menjadi Kota paling sejuk di Indonesia di masa mendatang nanti,” harapnya.

Walikota Bogor Bima Arya menuturkan, Pemkot Bogor mendukung penuh GTP. Bahkan untuk kegiatan kedepannya akan disiapkan lokasi, lahan, dan gerakan warga dari mulai Kecamatan, Lurah, LPM, RW dan RT dalam mensuport penanaman pohon ini.

“Jadi semuanya harus mendukung program Gerakan Tanam Pohon ini, dan Pemkot Bogor siap menjadi bagian dari kegiatan penanaman pohon ini,” ucapnya.

Sementara, politisi PPP yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Bogor, Zaenul Mutaqin mengatakan, kegiatan penanaman pohon harus didukung karena sangat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan di masa mendatang. Pembangunan di Kota Bogor sangat pesat, jadi ruang terbuka hijau juga harus tetap dipertahankan.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan GTP ini, karena penanaman pohon ini kegiatan positif yang memiliki banyak manfaat serta bertujuan menjaga lingkungan agar tetap hijau, tetap bersih dan Kota Bogor tetap terjaga ruang terbuka hijau nya, ” kata Zaenul.

Pria yang digadang-gadang maju dalam bursa Pilwakot 2018 mendatang tersebut juga menjelaskan, penanaman pohon ini sudah rutin dilaksanakan setiap minggunya, jadi kepada seluruh masyarakat dihimbau untuk mendukung dan mensuport kegiatan tersebut.

“Saya berharap kegiatan penanaman pohon ini kedepannya dilakukan di daerah daerah yang membutuhkan penghijauan, lokasi rawan longsor dan pemukiman warga secara merata di 68 Kelurahan Sekota Bogor,” pungkas Zaenul yang juga Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Bogor.(bunai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.