Jangan Kalah Bersaing di Rumah Sendiri Radjab Siapkan Tenaga Marketing Handal

Cibinong – bogoronline.com – Kendati berlabel perusahaan milik daerah, namun PT. Prayoga Pertambangan dan Energi (PPE) tidak ingin terus disuapi atau dibantu Pemerintah Kabupaten Bogor,dalam memasarkan produk yang dihasilkan perusahaan pimpinan Radjab Tampubolon ini.

“Bisnis produk aspal sekarang ini sangat ketat, antar produsen berlomba-lomba memasarkan produknya, bahkan tak sedikit yang menawarkan diskon kepada konsumennya,” kata Direktur Operasional PT. PPE Asep Zainal Mutaqien, Selasa (06/12).

Asep menegaskan, meski sekarang ini, banyak pelaksana proyek dan desa-desa menggunakan produk aspal PPE, namun perusahaan tak boleh berfokus pada mereka saja. “Kita harus mencari pasar baru di luar Kabupaten Bogor. peluangnya sangat terbuka asalkan mau kerja keras,” pintanya.

PPE kata mantan kepala Dinas Pertambangan di era mantan Bupati Almarhum Agus Utara Effendi ini, tidak boleh kalah dalam persaingan atau kompetesi, apalagi di Kabupaten Bogor yang merupakan rumahnya sendiri. “Kunci utama, agar kita tidak kalah ada di sumber daya manusia (SDM) bidang marketing,” tegasnya.

Menurut Asep, tenaga marketing sangat vital dalam sebuah perusahaan. Tanpa memiliki tenaga marketing yang handal dan pandai berkomunikasi, sebagus apapun produk yang dihasilkan tak akan dikenal konsumen.

“Setiap karyawan PPE, harus mampu menjadi tenaga marketing. Makanya, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pelatihan berkelanjutan tentang strategi memasarkan sebuah produk. Ini menjadi tugas bagian pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Iwan Setiawan mendukung langkah PPE,  yang mewajibkan semua karyawannya memiliki kemampuan khusus dibidang marketing. “Kalau semua karyawan mampu memasarkan produk PPE, khususnya aspal, perusahaan yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Bogor ini akan tumbuh besar. Imbasnya, setoran deviden atau keuntungan dari penyertaan modal bakal meningkat,” tutupnya. (Zahra)