BCA Jadi Donatur Tetap IPB 40 Persen Mahasiswa Butuh Bantuan

Cibinong – bogoronline.com – 40 persen dari total 26.000 mahasiswa IPB  membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Pihak rektorat gencar mencari perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN, agar mau menjadi donatur tetap IPB.

 

“Mahasiswa IPB yang berasal dari seluruh Indonesia ini, kemampuan ekonomi orangtua tak merata. Ada sekitar 40 persennya kesulitan membiayai studinya, makanya perlu ada bantuan dari kalangan swasta dan BUMN dalam bentuk pengucuran beasiswa,” kata Direktur Bidang Kemahasiswaan IPB Dr. Sugeng Santoso, Selasa (06/12).

 

Sugeng mengatakan, di Bogor ini ada beberapa perusahaan menjadi donatur tetap IPB dan rutin mengucurkan beasiswa kepada mahasiswanya. “BCA salah satunya, setiap tahun ada sekitar 24 mahasiswa dari berbagai fakultas yang menerima bantuan beasiswa dari bank swasta terbesar di Indonesia ini,” ujarnya.

 

Sugeng mengungkapkan, berdasarkan data dari 26 ribu mahasiswa strata satu, diploma dan pasca sarjana, sekitar 8.500 diantaranya rutin mendapatkan kucuran beasiswa dari sejumlah perusahaan swasta dan BUMN.

 

”Total perusahaan yang menjadi donatur tetap IPB mencapai 39 unit. Nah, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan, IPB setiap tahunnya menggelar acara penganugerahan penghargaan kepada perusahaan yang mau menyisihkan keuntungannya untuk diserahkan kepada mahasiswa berprestasi,” ungkapnya.

 

Kepala Wilayah IX BCA Herwandi Koewanto mengatakan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN), wujud kepedulian perusahaan terhadap masa depan anak-anak bangsa.

 

“Pemberian beasiswa melalui program bhakti BCA ini dilaksanakan sejak tahun 1999, setiap tahunnya alokasi dana untuk beasiswa meningkat, tahun 2016 ini nilainya mencapai Rp 4,25 miliar. Totalnya mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa sudah menembus angka ribuan,” jelasnya.

 

Selain itu, kata Herwadi, mahasiswa penerima beasiswa diberikan pengetahuan seputar seluk beluk bisnis keuangan. “Ini penting, agar mahasiswa wawasan tentang bisnis dunia perbankan bertambah dan akan menjadi bekal, ketika mereka selesai menempuh studinya,” pungkasnya. (Zahra)

 

 

 

 

 


TAG