Pekerja Proyek Tewas Kesetrum

Cigombong – bogoronline.com – Seorang pekerja bernama Jaenal, warga Dusun Munjul Kaler, RT 29/05, Kecamatan Curug KLari, Kabupaten Karawang, tewas saat bekerja di proyek pemasangan pipa besi di Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong. Korban tewas seketika  di lokasi kejadian,  akibat memegang  seling baja untuk mengangkat pipa besi yang mengenai kabel listrik tanpa penutup. “Ini murni kecelakaan kerja, akibat korban tidak tahu, kalau  seling baja  yang dipegangnya menempel kabel tanpa pembungkus,” kata Engkos, rekan sejawat korban yang selamat dari kejadian,  Rabu (06/12).

 

Engkos menceritakan, kejadian bermula saat korban bersama para pekerja lainnya sedang memandu truk crane yang akan menurunkan pipa besi. Namun, karena kondisi gelap, seling baja  diangkat terlalu tinggi hingga menempel di kabel listrik tegangan tinggi. “Untungnya beberapa pekerja langsung lompat, tapi naas korban tak sempat, lantaran tangannya menempel di seling,” ujarnya.

 

Ade, rekan korban lainnya mengaku sempat lemas, setelah tubuhnya tersengat aliran listrik. “Saya selama, karena pas tersengat langsung sadar dan melompat  kebawah,” katanya warga asal Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini.

 

Kabar tewasnya pekerja ini membuat warga Desa Ciadeg geger, mereka pun berdatangan kelokasi untuk melihat langsung proses evakuasi jasad Jaenal. “Perlu ada penyelidikan dari pihak berwajib, karena ada dugaan, tewasnya korban ini akibat kelalaian,” kata anggota BPD Desa Ciadeg, Yayat Supriatna.

Yayat mengaku, pelaksana proyek belum pernah berkordinasi dengan pemerintah desa. “Bagaimana pun juga lokasi proyek ada di desa kami, etikanya pelaksana datanglah kedesa untuk berkordinasi, apalagi proyek ini pekerjaan proyek ini kebanyakan dilaksanakan pada malam hari, saat warga beristirahat,” tutupnya. (Denny Malik)