Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mandi

Bogoronline.om – Sehat – Meski terlihat remeh, aktivitas untuk membersihkan diri seperti mandi sering dilakukan dengan cara yang salah. Yang diketahui tentang aktivitas ini antara lain hanya sebatas membiarkan air mengguyur seluruh tubuh, kemudian selesai.

Banyak kesalahan yang ditemukan namun karena sudah menjadi kebiasaan, akan sulit untuk mengubahnya dari awal. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba membiasakan hal-hal baru. Untuk itu, ketahui lima kesalahan saat mandi ini, seperti dilansir Gurl berikut

Menggunakan sabun terlalu banyak tak berarti bersih

Berapa banyak sabun yang digunakan saat mandi? Orang selalu berpikiran hingga busa melimpah itu berarti mandi kita sudah benar dan bersih. Padahal sebagian besar sabun mandi dan sabun cair bisa membuat kulit mengalami dehidrasi jika digunakan berlebih.

Tapi bukan berarti melewatkan penggunaan sabun, cobalah untuk menggunakan yang  mengandung bahan pelembap, dan bukankah ini akan jauh lebih menghemat pemakaian sabun.

Air terlalu panas

Pulang malam atau saat cuaca dingin, mandi dengan air panas memberi kenyamanan tertentu. Dan karena terlalu nyaman, orang cenderung terlalu asik hingga berlama-lama di dalam air panas.

Padahal menggunakan air yang terlalu panas akan memberi rasa kering pada kulit, gatal dan kencang. Usahakan tidak memutar keran panas ke arah maksimal.

Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Menyisir rambut sebelum keramas akan membuat rambut jauh lebih halus dan mencegah terjadinya kerusakan.

Tidak menggunakan kondisioner di bagian kulit kepala

Kebanyakan orang menggunakan kondisioner pada bagian batang rambut, karena takut kulit rambut akan berminyak yang akhirnya akan berketombe.

Tapi, kulit kepala juga perlu kondisioner untuk mencegah ketombe, rasa gatal. Hanya saja pastikan tidak menggunakan dalam jumlah banyak, dan bilas hingga bersih.

Mencukur pertama kali

Jangan bercukur sebelum mandi. Jika menginginkan hasil cukuran yang baik, akar rambut perlu dilembutkan terlebih dahulu dalam air hangat.

Jadi, usahakan untuk mencuci dan memberi kondisioner pada rambut terlebih dahulu. (Vivanews.com/bo)