Prediksi Susunan Indonesia vs Thailand, Bukan Misi Mustahil

CIBINONG- Malam ini, Rabu (14/12) pukul 19.00 WIB, Indonesia bakal mengarungi ujian pertama untuk mencetak sejarah, merengkuh trofi Piala AFF untuk pertama kalinya. Ujian itu datang dari Thailand yang dijamu di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Untuk memuluskan langkahnya, Indonesia mesti menang dengan margin gol cukup banyak dan mencegah Thailand mencuri gol tandang. Cukup berat memang, tapi melihat antusiasme para pemain usai latiham terakhir kemarin sore plus dukungan luar biasa suporter Merah Putih, bukan tak mungkin skuad Gajah Perang tunduk oleh pasukan Garuda.

Tim asuhan pelatih Kiatisuk Senamuang, terkenal dengan pola permainan rapih dan taktis. Namun, segalanya dapat terjadi dalam sepakbola. Indonesia memang tidak bisa dipandang remeh. Datang ke Piala AFF 2016 sebagai underdog, Boaz Sollossa Cs, justru mampu mengalahkan salah satu favorit juara, Vietnam di semifinal.

Permainan Indonesia memang tidak terlalu meyakinkan dalam setiap laga. Tapi mereka seperti memiliki sesuatu yang lebih di lapangan hingga mampu mengantar mereka ke final pada edisi kali ini.

Malam nanti, bogoronline.com, memprediksi pelatih Alfred Riedl bakal menggunakan pola 3-5-1. Formasi itu, bisa berubah menjadi 5-4-1. Posisi tiga bek tengah bakal diisi Rudolof Yanto Basna, Fachrudin Aryanto dan Hansamu Yama Pranata.

Sementara di sisi kanan, bakal ditempati Benny Wahyudi. Sementara sayap kiri jadi milik Abduh Lestaluhu/Rizki Pora. Tiga gelandang tengah diprediksi tidak berubah. Manahati yang bermain cukup baik sebagai gelandang bertahan pada leg kedua semifinal kontra Vietnam, akan kembali diturunkan berduet dengan Bayu Pradana. Sementara Stefano Lilipaly berada sedikit di depan keduannya untuk menopang Boaz sebagai striker tunggal.

Sementara itu, Andik Vermansyah kemungkinan bakal diparkir sementara untuk dimainkan sebagai super-sub saat terjadi deadlock. Begitu pun dengan Evan Dimas Darmono yang bisa menambah kreativitas dalam strategi racikan pelatih asal Austria itu.

Bagi Indonesia saat ini, kesabaran, kerja keras, dan militan adalah beberapa kunci yang setidaknya bisa membantu memperulit Thailand.

“Pada Piala AFF 2010 saya memiliki tim terbaik, dan di turnamen ini kami punya sedikit masalah di awal seperti aturan hanya dua pemain dari setiap klub. Namun, saat ini kami punya kesempatan membuat sejarah. Kami memiliki tim yang cukup kuat untuk mengalahkan Thailand,” ujar Alfred Riedl dalam keterangan pers di Hotel Aston Sentul, Selasa (13/12/2016) siang.

Alfred Riedl tetap menganggap Thailand sebagai favorit juara Piala AFF 2016. Namun, pelatih asal Austria itu juga menegaskan kemenangan menjadi target mutlak Boaz dkk. pada pertandingan final leg pertama di Stadion Pakansari.

“Kami menghadapi tim favorit juara dan merupakan yang terkuat di Asia Tenggara pada pertandingan besok. Kami akan menjalani dua pertandingan, jadi kami menargetkan kemenangan pada pertandingan besok,” ujar Alfred Riedl.

Alfred menegaskan, pemain Timnas Indonesia dalam kondisi fit tanpa ada yang mengalami cedera.

Thailand Juga Siap Tempur

Pelatih Thailand, Kistisuk Senamuang cukup mengkhawatirkan striker dan pemain sayap milik Indonesia. “Kecepatan pemain sayap Indonesia bagus, begitu juga dengan strikernya,” imbuh Kiatisuk.

Pada Piala AFF 2016 sejak babak penyisihan grup hingga semifinal, dua striker Timnas Indonesia, Boaz Solossa dan Lerby Eliandry adalah pemain yang mampu menjebol gawang Thailand yang dijaga kiper Muangthong United, Kawin Thamsatchanan.

Indonesia menjebol gawang Thailand dua kali di Philippine Sport Stadium, Filipina, 19 November 2016. Meski pada saat itu Thailand dalam kondisi kelelahan setelah menjalani laga kontra Australia, tim berjulukan The War Elephants menang 4-2.

Kiatisuk juga menegaskan, seluruh pemainnya dalam keadaan fit dan siap tempur melawan Indonesia. Empat hari sebelumnya, ada tiga pemain yang mengalami cedera, Tanaboon Kesarat, Teerasil Dangda, dan Prathum Chutong. Menurut Kiatisuk, 23 pemain Thailand siap tampil habis-habisan demi menang di leg pertama lalu mempertahankan gelar juara.

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: 3-5-2
Kurnia Meiga Hermansyah; Fachruddin Aryanto; Rudolof Yanto Basna; Hansamu Yama; Bayu Pradana; Manahati Lestusen; Rizki Pora; Benny Wahyudi; Stefano Lilipaly; Boaz Sollossa.

Pelatih: Alfred Riedl

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Tanaboon Kesarat; Adisorn Promrak; Kornwit Narmwiset; Tristan Do; Theeratorn Bunmathan; Pokklaw Anan; Sarach Yooyen; Chanathip Songkrasin; Krirkrit Thaweekarn; Teerasil Dangda.

Pelatih: Kiatisuk Senamuang

(Cex)

ARTIKEL REKOMENDASI