Siapa Pantas Sepatu Emas AFF 2016?

BOGOR- Laga Final Piala AFF 2016 antara Indonesia vs Thailand bakal menyajikan pertarungan dua striker beken di Asia Tenggara. Boaz Sollossa dari Indonesia dan Teerasil Dangda ujung tombak Thailand. Kedua bakal berebut sepatu emas atau pencetak gol terbanyak di ajang ini.

Boaz telah mengoleksi tiga gol dari lima laga sedangkan Dangda sedikit lebih unggul dengan torehan lima gol dari empat pertandingan..

Dangda sendiri mencetak lima gol itu hanya dalam dua pertandingan. Tiga diantaranya ia cetak ke gawang Indonesia dalam laga pembuka Grup A saat Thailand mengalahkan Indonesia 4-2. Dua gol lainnya dibukukan ketika membantu Thailand menang 2-0 pada leg pertama semifinal kontra Myanmar.

Dangda cukup efektif memanfaatkan peluang dengan catatan total 14 kali percobaan dalam empat pertandingan atau rata-rata 3,5 kali tembakan di setiap pertandingan.

Sementara Boaz membukukan gol itu dalam tiga laga berbeda. Gol lewat sundulan kepala dibukukan ke gawang Thailand, gol kedua dilesakkan ke gawang Filipina dengan sepakan kaki kiri meneruskan bola rebound. Satu gol lainnya dicetak lewat titik putih saat membantu Indonesia memenangi leg pertama semifinal melawan Vietnam.

Tapi, Boaz masih kurang efektif memanfaatkan peluang dalam data yang dilansir oleh Soccernet. Boaz membukukan 22 kali percobaan, 13 menemui bidang, tiga yang bersarang ke gawang lawan.

Indonesia akan menjadi tuan rumah lebih dulu saat melakoni pertandingan final AFF Suzuki Cup 2016. Leg pertama itu akan berlangsung di stadion Pakansari, Rabu (14/12) malam WIB. Leg kedua akan berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, tiga hari berselang.

Dua laga itu akan menjadi pertarungan bagi Boaz dan Dangda untuk menobatkan diri menjadi striker tertajam di Piala AFF 2016.

Dari kubu Thailand, masih ada satu pemain lagi yang berpotensi untuk menjadi top skorer. Dia adalah Masuk Sarawut yang catatan golnya sama dengan Boaz. Dia membukukannya saat melawan Singapura, Filipina, dan laga leg kesua semifinal melawan Myanmar. (cex/dtc)