UN Hilang, UNBK jadi Tak Relevan

BogorOnline.com, CIBINONG-Dihapuskannya Ujian Nasional (UN) sebagai syarat utama kelulusan, berimvas juga pada bakal hilangnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB Lutfe Syam mengungkapkan, UNBK tak lagi relevan jika UN ditiadakan. Tapi itu tergantung pada sekolah-masing apa tetap menggelar ujian menggunakan komputer atau manual.

“Kan nanti kelulusan pendidikan menengah (SMP-SMA/K), pemerintah provinsi yang menentukan kalau pendidikan dasar, baru kabupaten/kota,” kata Luthfie kepada BogorOnline.com, Rabu (1/12).

Menurutnya, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Karena UN baru akan digelar pertengahan 2017 mendatang. “Kan masih lama yah. Masih mungkin berubah lagi. Karena, yang banyak diprotes itu, UN yang tadinya jadi standar kelulusan secara nasional saja, menjadi satu-satunya standar kelulusan di Indonesia,” tukasnya.

UNBK, kata Luthfie, masih bisa diterapkan di sekolah-sekolah sebagai metode agar siswa bisa mengoperasikan komputer.

“Yang sudah kepalang menggunakan UNBK di tahun 2016 ini, bisa terus menerapkannya. Kan berguna juga untuk siswa. Tapi yang menentukan pemprov. Karena rata-rata UNBK digunakan oleh SMA/K,” pungkasnya. (Cex)

Comments