Begini Cara Cegah Pengapuran, Pada Aki Basah Kendaraan Bermotor

bogorOnline.com-

Battery atau aki basah masih banyak digunakan bikers, meski begitu ada yang harus diperhatikan jika masih menggunakan aki basah pada motor sobat. Terjadinya pengapuran atau istilahnya sulfatisasi bakal terjadi pada aki basah, tapi tidak pada aki kering.

Pengapuran bakal terjadi pada baut pengikat pada aki, biasanya ada kapur yang berwarna hijau dan putih. Jika tidak dibersihkan bisa merusak mur dan baut aki tuh. “Sulfatisasi terjadi karena uap yanag keluar dari air aki dan merusak plat terdekat yaitu mur dan baut (+/-),” bilang Erwin Prasetiyo Marketing Advisor NS Battery.

Tapi tenang, Erwin punya cara ampuh untuk mencegahnya. Siapkan saja air panas untuk disiram pada bagian yang terkena sulfatisasi. Air panas dirasa paling ampuh untuk mengusir pengapuran, jika dibandingkan WD40 masih kurang sebersih air panas.

“Setelah bersih dari sulfatisasi sebaiknya langsung diberi grease atau stempet untuk mencegah pengapuran. Bisa juga digunakan saat mengganti aki baru untuk mencegah pengapuran,” tambah pria berkumis tipis ini.(rul)

Sumber: read.motorplus-online.com

Comments