Peringati HAB Ke-71, Kemenag Kabupaten Bogor, Lebih Dekat Melayani Umat

bogorOnline.com-Cibinong-

Memperingati hari Jadinya yang ke-31, Kementerian Agama Kabupaten Bogor menyelenggarakan upacara Hari Amal Bakti ke-71 di MTs Negeri 3 Cibinong, Selasa (3/1/17). Upacara ini dihadiri langsung Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, Ketua DPRD Kab Bogor Ade Ruhendi (Jaro Ade), Ketua Komisi IV DPRD Kab Bogor Wasto S, Kankemenag Kab Bogor Dadang Ramdani, Kapolsek Cibinong, Danramil Cibinong dan para pejabat di lingkungan Kemenag Kab Bogor, pada upcara kali ini Bupati Bogor menyerahkan penghargaan satya lencana kepada para ASN Kemenag Kab Bogor.

Tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-71 tahun 2017 yaitu “BersihMelayani” dan motto “Lebih DekatMelayani Umat”. Peringatan ulangtahun ke-71 ini semakin memperkuatkomitmen semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag terhadapintegritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayomsemua umat beragama.

Sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan Bupati Bogor Nurhayanti meminta Seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama harussenantiasa mengembangkan wawasanserta meningkatkan ketrampilan dankesigapan dalam bertugas. Egosektoral, sektarianisme, dan sejenisnyaharus disingkirkan dari lingkungankerja Kementerian Agama.

“Kita harus bersikap sebagaiagamawan sekaligus negarawanyang menempatkan kepentingan umatdan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Di tengahcepatnya perubahan sosial dan pesatnya teknologi informasi, kita juga harus menjadi pelayan publik yangdapat diandalkan,” kata Nurhayanti.

Dirinya bersyukur publik kini semakin menilai positif kinerja KementerianAgama. Sebagian besar program telahmulai memenuhi harapan sehinggakinerja Kemenag dianggap cukup baikdalam sejumlah survei. Indeks kepuasan jemaah haji terus naik, indeks kerukunan umat beragama jugamasih tinggi, dan indeks reformasibirokrasi kita naik peringkat dari CCmenjadi B– yang berimplikasi naiknyatunjangan kinerja dari 40 menjadi 60 persen.

“Beberapa waktu lalu, kita jugamendapatkan sejumlah penghargaanseperti; penghargaan dari Presiden sebagai Penyedia Layanan BLUdengan Akses Terjangkau, dan Penghargaan dari Kemenkeusebagai Kementerian dengan Kontribusi Penerimaan Negara BukanPajak (PNBP) terbesar dalam APBN.Selain itu Kementerian Agama jugamendapatkan penghargaan gandaterkait ekonomi syariah, yaitu sebagai Pemrakarsa Proyek InfrastrukturBerbiaya Surat Berharga SyariahNegara (SBSN) dan Investor UtamaSukuk Negara Domestik,” ungkapnya.

Tapi di sisi lain, sambung Bupati,Ombudsman Nasional menilaiKemenag masih bertandawarnakuning atau belum begitu bagus dalamhal pemenuhan standar layananpublik. Kemenag juga turun predikat dari WTP menjadi WDP dalam auditkeuangan oleh BPK. Pun masih adakeluhan-keluhan publik yang belumterselesaikan secara tuntas. Terhadapkinerja-kinerja positif, marilah bersyukur dan teruslah istiqomah(konsisten) dalam jalur yang baik.

“Marilah segera kita benahi catatan-catatan negatif yang tersisa. Sebab itulah, kata “Bersih Melayani” yangmerupakan tema HAB tahun lalu tetap dipertahankan. Harapannya, kita harusbenar-benar bersih tanpa menyisakansedikit pun noda. Hanya saja, tahun initema itu dilengkapi dengan motto”Lebih Dekat Melayani Umat” yangbermakna kita harus lebih pekamendeteksi aspirasi masyarakat, lebihsigap membereskan masalah, danlebih cekatan memenuhi kebutuhanumat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kab Bogor Dadang Ramdani mengatakan, Wujud dari mottotersebut, tahun ini Kemenag mulaimembangun Pusat LayananTerpadu Satu Pintu (PTSP). Melaluiunit ini, Kemenag berupaya mencapaistandar mutu yang prima dalammelayani umat. Denganmemanfaatkan teknologi informasi,segala proses perizinan, beasiswa,hingga bantuan sosial dilakukan secara lebih simpel, pasti, dan bebas pungli. Berbagai aplikasi manajemen yang menunjang kerjajuga sedang dikembangkan demitercapainya kinerja yang lebih baik. Selain itu, Kemenag mencanangkanprogram-program baru sebagai respons atas situasi dan dinamikaterkini terkait kehidupan beragamadalam masyarakat era digital.

“Untuk itu pada HAB ke-71 ini, saya berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama agar senantiasa menjaga marwah kementerian yangkita cintai sebagai organisasi yangsarat dengan nilai, kultur, dan tradisibaik. Dirgahayu Kemenag RI, Kemenag lebih dekat melayani ummat,”Kata Dadang.(rul)

Comments