Menperin Janji Siapkan Kios Bagi Pengrajin Sepatu Ciomas

CIOMAS- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto berjanji akan menyiapkan kios bagi Koperasi Sandal Sepatu Bogor (Kossebo) yang ada di Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat mengunjungi sentra sandal sepatu di Ciomas, Rabu (3/1). Menurutnya, produksi alas kaki asal Bogor tidak kalah dengan produk luar negeri.

“Kami akan sediakan dua kios di Pasar Anyar yang bisa menampung hasil pengrajin Kossebo,” kata Airlangga di Kantor Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciomas.

Airlangga menambahkan, saat ini Indonesia masuk sepuluh besar industri sepatu dunia dan Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bogor menjadi salah satu produsen terbesar.

“Saat ini ada 33 ribu pengusaha dan 115 ribu tenaga kerja yang hidup dari industri alas kaki. Nah, Jawa Barat ini yang paling banyak pengrajinnya,” tukas Airlangga.

Pengusaha atau produsen sepatu asal Ciomas memang kesulitan dalam memasarkan produknya dan berharap pemerintah serius memikirkan nasib usaha mereka.

“Kami minta kios untuk berjualan seperti di Pasar Anyar, soalnya produk yang sudah diproduksi menjadi macet karena kendala tempatnya,” Kata Ketua Forum UMKM Bogor, Dodi.

Sementara Bupati Bogor, Nurahayanti mengungkapkan, daya beli dalan peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat masih kalah dibanding sektor pendidikan dan kesehatan.

“Maka kami terus memberi perhatian kepada para pelaku UMKM. Meski begitu, ada pula UMKM yang memerlukan bantuan dari pemerintah pusat,” tukasnya. (cex)

Comments