BNN Gagalkan Peredaran Narkoba Cair Jenis Baru

JAKARTA- Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan peredarab narkoba jenis baru bernama 4-Chloro MethCathinone atau dikenal dengan 4-CMC. Narkoba berbentuk cair ini didapatkan para pelaku dari China.

“Pada tanggal 13 Januari 2017 Narkotika zat baru kita ungkap di Tangerang. Itu kita dapat informasi dan kita kembangkan bersama petugas Bea Cukai. Kita berhasil dapat 50 liter cairan 4-CMC,” ujar Kepala BNN Komjen Budi Waseso saat jumpa pers di Kantor BNN, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, dilansir detik.com, Kamis (2/2).

Buwas mengatakan, pengungkapan ini merupakan kasus pertama kali yang ditangani BNN. Dari hasil pengungkapan tersebut, BNN berhasil menangkap 2 orang tersangka.

“Kita berhasil mengamankan 2 orang tersangka bernama Edi Pidono Phe (50) sebagai distributor dan Hendro (34) sebagai pemesan barang dari Tiongkok,” tuturnya.

Kedua tersangka tersebut dijerat pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Buwas menjelaskan narkoba jenis baru itu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Efek narkoba cair ini tidak jauh beda seperti sabu.

“Penguna akan merasa euforia, merasa senang, percaya diri, semangat, agresif, gelisah, pusing, panik, halusinasi, insomnia, bicara ngelantur dan sebagainya,” ujarnya. (cex/dtc)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.