Pemerintah Tak Bisa Batasi Tenaga Kerja Asing

CIBINONG- Pemerintah tidak bisa membatasi masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia. Tercatat, 74 ribu TKA mencari nafkah di Bumi Pertiwi hingg akhir 2016 lalu.

Hal iti diungkapkan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri saat mengunjungi Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (28/2).

Menurutnya, tidak ada pembatasan selama TKA memiliki dokumen legal dan tidak menyalahi aturan. “Selama dokumennya sah, ya tidak masalah,” katanya.

Untuk TKA yang menyalahi aturan, kata dia, sepanjang 2016 pemerintah telah mendeportasi tak kurang dari 1.000 TKA karena tidak memiliki dokumen yang sesuai.

“Saya lupa datanya. Yang jelas ada lebih dari 1.000 yang dideportasi sepanjang 2016,” katanya.

Pengawasan berkala pun terus dilakukan terhadap perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing. “Jika ada laporan dari masyarakat, kami punya tim untuk memastikan laporan itu di lapangan,” kata Hanif.

Belum lama ini, kepolisian kembali menangkap empat pria Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Kabupaten Bogor, Minggu (20/2) pukul 15.00 WIB. Keempatnya ditangkap lantaran kerja di sebuah perusahaan tanpa dokumen resmi.

Masing-masing adalah Zhang Giang (29), Xia Ran (31), Zhao Jinbo (33) dan Zhu Yong Jie (39) yang bekerja di PT Bintang Cinday Mineral Group (BCMG) Tani Berkah. (cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.