Ribuan Warga Bogor, Antusias Menyaksikan Pertunjukan Wayang Bambu

Bogor – bogorOnline.com
Seniman dan Budayawan Bogor yang tergabung dalam Paguyuban Bakatul, menggelar pertunjukan Wayang Bambu khas Bogor yang dibawakan oleh Ki Dalang Darajat di Taman Ekspresi Sempur, Sabtu (18/2/17) malam.
Wayang Bambu mengangkat tema Dengan Budaya Kita Berdaya, sedangkan kisah wayang bambu yang ditampilkan hari ini berjudul “Satria Bakatul Penumpas Kejahatan”. Meskipun acara tersebut pagelaran budaya, namun dihadiri berbagai kalangan mulai dari Walikota beserta jajaran, para tokoh masyarakat, seniman dan budayawan, rohaniawan, politisi hingga pimpinan Muspida, bahkan mantan Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturahman menyempatkan hadir dalam kegiatan ini.
 
Walikota Bogor Bima Arya mengungkapkan, dirinya merasa bangga dan bahagia dengan pagelaran seni budaya wayang bambu yang digagas Paguyuban Bakatul ini, hal itu telah mewujudkan komitmen bersama untuk merawat silaturahmi antar sesama.
“Rasa bahagia saya, rasa bangga saya karena malam ini walaupun judulnya budaya, tetapi yang hadir tidak hanya budayawan. Tapi ada agamawan,  politisi, semua hadir di sini. Ini namanya Bogor ngahiji, ini namanya Bogor guyub, ini namanya komitmen kita sama-sama merawat silaturahmi,” ungkapnya.
 
Melihat semarak dan antusiasme warga pada pagelaran seni budaya wayang bambu yang dibawakan oleh Ki Dalang Drajat, wali kota pun merasa bangga dengan potensi seni budaya yang dimiliki Kota Bogor. Oleh karena itu, dirinya berharap sekaligus menghimbau agara kesenian-kesenian yang ada dapat tetap terus dilestarikan tidak hanya oleh para penggiat, pelaku, dan komunitas semata, namun juga oleh seluruh elemen masyarakat.
 
“Semoga saja wayang bambu ini ke depannya bisa mengarumkan Kota Bogor. Dan mudah-mudahan malam ini merupakan malam kebangkitan wayang bambunya Ki Drajat, sehingga harum nama wayang bambu dan harum nama Kota Bogor,” tandasnya.
 
Ketua Pelaksana Pergelaran Seni dan Budaya Wayang Bambu, Gatut Susanta menjelaskan, sejumlah padepokan dan sanggar seni di wilayah Bogor ikut mengisi acara. Wayang Bambu merupakan kesenian wayang khas Bogor yang terbuat dari bambu, kisah cerita yang dibawakan berbeda dengan wayang lainnya.

“Wayang Bambu menceritakan tentang Tanah Pasundan, baik itu kisah Prabu Siliwangi maupun kesultanan setelah kerajaan Islam masuk ke daerah Jawa Barat, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga masyarakat yang telah hadir untuk menonton pertunjukan, khususnya kepada semua pihak yang sudah membantu demi kesuksesan acara ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui bersama, Sanggar seni wayang bambu dibentuk oleh Ki Drajat Iskandar tahun 2000 lalu sebagai wadah perkumpulan para seniman untuk bersama-sama memfokuskan diri melestarikan kesenian Wayang Bambu.

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.