Tidur Tidak Nyenyak? Ini Solusinya

BOGOR- Tidur gelisah memang tidak enak. Tapi, Anda tidak perlu repot menyiapkan obat atau aroma terapi untuk mendapatkan tidur nyenyak. Karena, dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, Anda bisa bermimpi indah.

Melansir Independent, menurut pakar tidur Sammy Margo, beberapa kandungan dalam makanan tertentu sanggup membantu tubuh beristirahat dan mendapatkan tidur berkualitas.

1. Pisang

Walau pisang merupakan makanan yang memacu energi, kandungan kaya akan magnesium mampu bersifat relaksasi pada otot. Pisang juga mengandung hormon serotonin dan melatonin yang akan mendorong seseorang untuk tidur.

2. Kacang Almond

Dikenal sebagai salah satu sumber terbaik untuk lemak sehat, almond juga mengandung tryptophan dan magnesium.

“Kedua senyawa itu secara alami akan membuat fungsi otot dan saraf berkurang selama tidur dan juga menenangkan irama jantung,” kata Margo.

3. Madu

Cukup dengan satu sendok makan madu tj murni cukup untuk menstimulasi otak mengeluarkan hormon melatonin dan menghentikan hormon orexin yang berifat memberi kewaspadaan.

4. Oat

Oat kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang akan memicu melatonin. Oat juga mendorong produksi insulin dan secara natural meningkatkan gula darah.

5. Ayam Kalkun

Kalkun merupakan sumber yang terkenal untuk tryptophan. Kalkun juga memuat protein yang akan memberikan rasa kenyang dan membuat tidur lebih nyenyak.

Namun bukan cuma mengandalkan makanan pemicu tidur untuk mendapatkan istirahat optimal, memperhatikan makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur juga penting.

Margo mengatakan beberapa makanan atau minuman seperti alkohol, makanan mengandung keju, pedas, lemak, dan kafein pantang dikonsumsi sebelum tidur. Bila tidak dihindari, kondisi tubuh akan sulit tidur dan menganggu kualitas kesehatan seseorang. (cex/cnn)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.