Wajah Baru Taman Sempur, Walikota Ajak Masyarakat Rawat Bersama

Bogor – bogorOnline.com

Taman Sempur yang awalnya bernama Lapangan Sempur, semenjak ditutup sementara Juli 2016 untuk proses revitalisasi, hari ini secara resmi kembali dibuka untuk umum. Walikota Bogor Bima Arya bersama Muspida secara langsung meresmikan nya.

“Keberadaan Taman Sempur merefleksikan seluruh taman yang ada di Kota Bogor. Taman Sempur untuk keluarga, Taman Sempur untuk berolahraga. Mari kita jaga dan kita rawat bersama-sama karena kota kita, masa depan kita, di tangan kita,” ungkap Bima, Minggu (5/2/17).

 

Secara umum proses revitalisasi Taman Sempur menelan biaya sebesar 2,2 miliar yang bersumber dari APBD dan ditangani CV. Sarana Mustikan Abadi.

“Revitalisasi berlangsung selama kurang lebih setengah tahun, mulai Juli hingga akhir Desember 2016,” tandasnya.

 

Kabid Pertamanan, PJU, dan Dekorasi Kota Dinas Perumahan Pemukiman (Perumkim) Kota Bogor Yadi Cahyadi menjelaskan, wajah Taman Sempur kini berbeda dengan Lapangan Sempur dulu, terutama tampilan dan teknologi yang digunakan. Untuk penerangan, Taman Sempur dilengkapi dengan penerangan sebanyak 150 titik mulai dari dibawah hingga ke atas.

 

“Untuk lampunya kita gunakan lampu yang berkwalitas dan bisa aktif secara otomatis saat menjelang malam hari tepatnya ketika maghrib. Kalau siang mungkin terlihat biasa, tapi kalau malam akan terlibat sangat bagus dan indah,” jelas Yadi.

 

Yadi melanjutkan, selain penerangan, Taman Sempur dilengkapi taman-taman tematik di sekelilingnya untuk mengakomodir aktivitas anak-anak maupun komunitas anak muda seperti skate park, panjat tebing, dan lapangan basket. Yang juga terlihat mencuri perhatian adalah rumput hijau yang menghiasi bagian tengah lapangan.

 

“Untuk rumput kita gunakan rumput jenis Bermuda yang biasa digunakan pada lapangan sepak bola. Untuk luasnya kurang lebih mencapai 100 m x 65 meter. Untuk perawatan rumput sampai setahun kedepan akan ditangani PT. Harapan Jaya Lestarindo dengan sistem kontrak,” bebernya.

 

Sedangkan untuk penyiraman rumput, Taman Sempur menggunakan teknologi irigasi yang lebih baik.

“Dengan sistem ini saat hujan lebat turun tidak ada air yang tergenang di lapangan dan airnya sebagian kita tampung kemudian digunakan kembali untuk penyiraman. Sistem penyiramannya menggunakan sistem sprinkle yang ditanam dalam tanah sedalam 20 cm, yang mana saat penyiraman secara otomatis muncul ke atas kemudian memulai penyiraman pada pagi dan sore hari,” jelasnya.

Yadi menambahkan, sebagai pelengkap, disediakan fasilitas refleksi bagi para manula yang berada di sisi selatan lapangan dengan panjang kurang lebih 10 m. Sementara untuk jogging track, fasilitas yang ada saat ini sudah bebas dari adanya genangan air ataupun kondisi  lembab.

“Dengan sistem irigasi yang ada, trek sepanjang 1887 meter yang memiliki lebar kurang lebih 7 meter akan lebih enak dan bebas dari genangan air,” pungkasnya. (RzB).

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.