Makin Elegan, Trik Bikin Dapur Gaya Rustic

bogorOnline.com-

Desain rustic pada sebuah hunian kini tengah menjadi tren. Gaya rustic biasanya menitikberatkan kesan alami, dengan menonjolkan aksen seperti kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Ciri utama dari desain rustic terletak pada penggunaan ornamen yang natural, atau terkesan natural, seperti batu, kayu, rotan, dan lainnya. Pengolahan unsur dekorasi tidak diberikan sentuhan finishing, sehingga keindahan asli dari setiap ornamen dapat terlihat.

Tak hanya tampilan ruang keluarga atau ruang besar yang cocok diaplikasikan dengan gaya rustic, area dapur pun cocok untuk didesain dengan gaya ini. Jika Anda berencana merenovasi dapur Anda, mungkin gaya rustic yang ini bisa menjadi inspirasi anda.

Dimulai dari Dinding Batu Bata

Desain dinding dapur menggunakan batu bata tanpa plester. Desain ini umum digunakan pada dapur bernuansa rustic di hunian luar negeri.

Mengekspos batu bata merah akan menghasilkan ruang dengan nuansa tradisional yang sangat kental, sehingga dapur terasa lebih hangat dan semakin akrab.

Jika ingin bereksperimen, Anda bisa gunakan dinding batu bata hanya pada sudut-sudut tertentu saja. Susunan batu bata akan menjadi focal point yang unik sekali.

Bangun Suasana Kuno dan Jadul

Untuk membangun suasana yang lebih tradisional Anda bisa melengkapi dapur dengan peralatan-peralatan yang bergaya rustic pula.

Tak harus benar-benar kuno, sekarang ini sudah banyak kok peralatan modern yang dimodifikasi sehingga terlihat tradisional. Bisa juga memberikan sentuhan warna dan motif tertentu sehingga ruang terlihat jadul. Warna cokelat umumnya mendukung gaya desain rustic.

Manfaatkan Perabotan Kayu dan Besi

Material kayu dan besi mengandung nuansa rustic yang begitu kental. Anda bisa memanfaatkan kedua material ini untuk mendominasi dapur sehingga suasana khas rustic semakin terasa.

Kayu bisa dipakai dalam membuat kabinet dan rak piring. Sementara, besi dapat digunakan untuk kursi dan peralatan pelengkap.

Selipkan Tanaman Sebagai Penghias

Untuk menghilangkan kebosanan dan suasana dapur yang monoton Anda dapat melengkapi dapur dengan tanaman hias. Kehadiran tanaman akan menghidupkan suasana dapur.

Susunlah pot-pot tanaman tadi di salah satu sudut ruang, bingkai jendela, atau menggantung di langit-langit dapur. Nuansa khas tradisional akan semakin terasa di seluruh sudut dapur.

Pencahayaan Sinar Kuning yang Temaram

Jenis pencahayaan yang tepat untuk membangun nuansa rustic adalah sinar kuning temaram. Pencahayaan seperti ini efektif menciptakan suasana dapur yang hangat dan sesuai dengan tampilan interior.

Cobalah meletakkan lampu kristal sebagai cahaya utama, dan lampu-lampu dinding di beberapa sudut untuk memperindah dapur.

Mendekorasi dapur paling menyenangkan dilakukan pada rumah baru.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.