Para Panglima Perang Islam Yang Disegani Lawan

bogorOnline.com-

Dunia Islam melahirkan beberapa panglima perang yang sangat cerdik dalam menyusun strategi untuk menghancurkan wilayah-wilayah kekuasaan musuh.

Pada masa peperangan, para panglima perang Islam begitu dihormati, berani dan terkenal dengan sikapnya yang adil dan pemaaf. Berkat jasa dan perjuangan para jenderal ini juga, Islam menyebar luas dan menjadi agama yang paling banyak penganutnya di dunia.

Beberapa panglima perang Islam tersebut, ialah:

1. Khalid Ibn Al-Walid (584-642)

Khalid Ibn Al-Walid yang dikenal Khalid bin Walid, adalah panglima perang pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Keberanian dan kehebatan Khalid, ditakuti musuh di medan perang. Dia panglima tertinggi Nabi Muhammad, beserta penerusnya yang belum pernah terkalahkan.

Dulunya Khalid berasal dari kaum Quraish yang membenci Islam. Ia memiliki peranan penting dalam Perang Uhud melawan pasukan muslim. Namun setelah ia masuk Islam, Khalid bin Walid menjadi panglima perang Nabi Muhammad.

Pencapaiannya sebagai jendral perang muslim, antara lain penaklukan tanah Arab, Mesopotamia, dan Romawi. Ia juga berhasil memimpin kemenangan dalam perang di Yamamah, Ullais, Firaz, Walaja, dan Yarmouk.

2. Muhammad Al-Fatih (1432-1481)

Muhammad Al-Fatih yang dikenal Mehmed II atau Mehmed, menjadi sultan kerajaan Ottoman dalam waktu singkat pada Agustus 1444–September 1446 dan Februari 1451–Mei 1481.

Pada usia 21 tahun, dia berhasil menaklukan Konstantinopel (Istanbul era modern), dan mengakhiri masa kejayaan kerajaan Bizantium. Ia juga berhasil memperluas wilayahnya hingga Anatolia dan Bosnia. Kecerdasan dan kepemimpinannya dikatakan lebih maju dari zamannya.

3. Salahuddin Ayyubi (1138-1193)

Dikenal dengan nama Saladin. Dia seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit yang begitu termahsyur.

Salahuddin merupakan sultan pertama dari Mesir dan Suriah, serta pendiri Dinasti Ayyubiyah. Dalam puncak masa kekuasaannya, wilayah kesultanannya meluas meliputi Mesir, Suriah, Mesopotamia, Hejaz, Yaman, dan sebagian wilayah lain di Afrika Utara.

Namanya terkenal karena dia pemimpin dalam perang melawan tentara perang salib. Di bawah kepemimpinannya, pasukan Ayyubiyah berhasil mengalahkan pasukan Salib dalam perang Hattin tahun 1187 dan berhasil merebut kembali Palestina. Sikapnya yang ksatria dan pengampun dalam peperangan membuatnya begitu dihormati.(rul)

Sumber: galamedianews.com

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.