Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, BPBD Adakan Simulasi Gempa

CIBINONG-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tingkat Kabupaten, dengan simulasi penanganan bencana gempa bumi Rabu (26/4/17).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bogor Adang Suptandar mengatakan, berdasarkan topografi dan kondisi geografisnya, wilayah Bumi Tegar Beriman, merupakan salah satu daerah rawan bencana di Jawa Barat (Jabar). Diakibatkan oleh aktifitas iklim maupun geologi atau vulkanologi. Untuk pihaknya melalui BPBD  tidak henti-hentinya melaksanakan tugas dan fungsi di bidang kemanusiaan dengan memperkuat kapasitas masyarakat agar mampu mengurangi resiko dan ancaman terjadinya bencana.

“Jangan jadikan penanggulangan bencana sebagai kegiatan tanggap darurat bencana saja, akan tetapi harus dijadikan siklus kegiatan yang terintegrasi dan menyeluruh, mulai dari pra bencana, saat bencana hingga pasca bencana yang dilakukan secara berkesinambungan dan terintegrasi dengan melibatkan seluruh element,” kata Adang di kantor BPBD.

Lanjut Kepala Seksi Kesiapsiagaan pada BPBD Budi Aksomo menjelaskan, simulasi yang dilakukan di gedung BPBD, untuk mengatasi sistuasi gempa didalam gedung yang menyebabkan konsleting listrik sehingga terjadi kebakaran.

“Simulasi yang dilakukannya sebagai upaya meminimalisir korban jika terjadi bencana gempa di suatu gedung bertingkat,” singkatnya.(rul)

Comments