Jadi Ketua PPSI, Bagus Karyanegara Kedepankan Seni dan Budaya Pencak Silat

Bogor – bogorOnline.com
Dalam perjalannya, Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) lebih melestarikan seni tradisi Ibing Pencak Silat. PPSI khusus memfokuskan diri pada seni Ibing.
Seni Ibing pencak silat sendiri merupakan warisan budaya asli Sunda. Dalam setiap kegiatan mempertahankan warisan leluhur tersebut, PPSI mengadakan pasanggiri Ibing pencak silat.
“Ini jadi seni budayanya yang lebih kita tonjolkan. Hal itu sesuai dengan apa yang dikatakan Ketua Umum DPP PPSI Kang Uu Rukmana, kita ingin tetap mempertahankan seninya disamping tentunya olahraga bela dirinya,” terang Bagus Karyanegara.
Ia melanjutkan, seperti apa yang sudah dilakukan oleh DPD PPSI Jawa Barat, setiap 2 tahun sekali biasanya diselenggarakan Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat. Kegiatan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh cabang DPD PPSI se-Jawa Barat. Tujuannya selain memelihara seni ibing pencak silat, juga mencari bibit-bibit baru seni ibing pencak silat.
Pesertanya, lanjut Bagus, dari mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Tujuan utama dari pasanggiri tersebut sebenarnya bukan juara, tetapi mencari bibit baru dan menularkan seni tradisional ibing pencak silat.
“Saya sudah menerima SK sebagai Ketua Umum PPSI Bogor dari Kang Uu Rukmana, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, mohon doa teman-teman supaya saya bisa memegang amanah membawa pencak silat Bogor menuju kejayaan,” pungkas Bagus yang juga Ketua Umum Masyarakat Cinta Bogor. (Nai)

Comments