Lanjutkan Perjuangan R.A Kartini, Nurhayanti Ajak Perempuan Tingkatkan Kualitas

CIBINONG-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersinergi dengan gabungan organisasi wanita ajak perempuan Kabupaten Bogor tingkatkan kualitas diri dan kemandirian, memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Bogor. Serta mampu mengimplementasikan cita-cita R.A Kartini di era saat ini, melalui kegiatan talkshow dan nonton bareng di Cibinong City Mall. Rabu (19/17).

Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, Hari kartini tidak saja memperingati dan tidak saja menyoroti emansipasi, yang terutama adalah bagaimana para perempuan khususnya di Kabupaten Bogor mampu mengimplementasikan cita-cita R.A Kartini di era saat ini.

“Karena era dulu dan sekarang sangat berbeda untuk kami tegaskan kepada para kaum perempuan mari tingkatkan kualitas diri kita untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Bogor. Dengan tetap tidak meninggalkan kodrat kita sebagai perempuan,” ungkap Bupati.

Bupati melanjutkan, di Kabupaten Bogor 2,6 juta jiwa adalah penduduk perempuan dengan jumlah yang sangat besar ini tentu harus bisa menjadi keunggulan kompetitif yang berdampak terhadap kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga para perempuan di Kabupaten Bogor bisa berperan dimana, karena saat ini perempuan diberikan ruang sangat luar biasa, untuk berkiprah diberbagai bidang. Mulai dari kiprah di legislative, eksekutif maupun sebagai tokoh perempuan.

“Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan inspirasi kepada para kaum perempuan. Bahwa perjuangan kartini bukan dilihat dari emansipasinya, tetapi peran kita saat ini untuk mengisi berbagai kegiatan perempuan bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan. Apa yang sudah kita berikan terhadap Negara bukan apa yang Negara berikan kepada kita,” tegas perempuan yang akrab disapa Nurhayanti.

Sementara itu, Kepala Pusat Kajian Gender dan Anak (PKGA) IPB, Ike Tanzina menjelaskan, semangat dan prestasi yang dimiliki R.A Kartini mampu memotivasi para perempuan Indonesia termasuk Kabupaten Bogor untuk berprestasi, cerdas dan mandiri. Di era kesetaraan gender seperti saat ini sudah saatnya perempuan Indoensia untuk mengimplementasikan perjuangan R.A Kartini.

“Bukan hanya sekedar mengenang, akan tetapi melanjutkan perjuangan kartini yang bukan sekedar emansipasi, akan tetapi siap menjadi perempaun mandiri dan bekerjasama dengan bergandengan tangan untuk kemajuan perempuan. Karena kita tahu perempuan sukses dan berdaya adalah perempuan yang memiliki konsep hidup sukses bagai banyak orang,” papar Ike.

Katanya menambahkan, konsep hidup kartini adalah tidak ingin sukses untuk dirinya sendiri, karena perempuan sukses akan berdampak sukses terhadap anaknya, suaminya, keluarganya juga orang lain. Dengan jumlah penduduk perempuan di Kabupaten Bogor yang besar, ia menilai peran perempuan sudah mulai optimal.

“Karena banyak perempuan Kabupaten Bogor telah terlibat mulai dari pendidikan, keterlibatan dalam politik, serta keterlibatan didunia usaha sehingga pendapatan ekonomi perempuan di Kabupaten juga meningkat,” imbuhnya. (Diskominfo/rul)

Comments