Linmas Parungpanjang Dilatih Tangani Demonstrasi dan Bencana

PARUNGPANJANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Kabupaten Bogor mengembleng ratusan linmas sekecamatan Parungpanjang. Penggemblengan ini merupakan bagian dari program pembinaan kelinmasan di tingkat desa. Hadir pada kesempatan ini, Prajurit TNI dari Kodim dan BPBD kabupaten Bogor. Acara berlangsung di aula Kecamatan Parungpanjang, selasa 25/04,2017.

Kabid Linmas Pol-PP Kabupaten Bogor, Supendi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pembinaan perlindungan masyarakat. “kita melatih anggota linmas di tingkat desa sekecamatan parungpanjang, untuk penanganan masalah dimasyarakat seperti trantibmum dan ketentraman masyarakat,” ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, lanjutnya, anggota linmas dibina bagaimana penanganan apabila ada terjadi demo ditingkat kecamatan, kabupaten, desa dan juga evakuasi apabila terjadi bencana.

Menurut Supendi, pembinaan ini dilaku­kan sebagai persiapan Pemilihan Bupati dan Pemilihan Gubernur yang akan dilaksanakan tahun depan, karena linmas sang­at diperlukan sebagai pengamanan di setiap TPS di tingkat Desa/kelurahan. “nanti akan ada pelatihan-pelatihan keamanan dan ketertiban dilingkungan TPS tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu Sekcam Parungpanjang Icang Aliyudin, menuturkan, pembinaan linmas ini di tingkat desa dan kecamatan, memang sangat dibutuhkan sekali, karena linmas sejauh ini belum dibekali tatacara melindungi masyarakat, baik keamanan, kertertiban dan penanganan bencana. Kata Icang, “seperti penanganan kebakaran itu ada SOP nya. Jadi untuk menguasai teknik-tekniknya harus ada pembinan,” paparnya.

Icang menambahkan, Linmas yang berada di garda paling depan harus benar-benar dipersiapkan baik dalam penanganan trantibmum atau penaganan bencana. “Kalau hanya mengandalkan BPBD, Pol-PP, TNI dan polisi itu akan sulit, jadi linmas ini bisa untuk penindakan dini yang ada di tingkat desa, untuk itu linmas ini harus benar-benar di perhatikan terkait tunjangannya,” pungkasnya (mul).

Comments