Peringati Hari Bumi, Kampoeng Salaka Tamansari di Tanami Pohon

Bogor – bogorOnline.com
Kelompok Tani Hutan Wisata (KTHW) kecamatan Tamansari bersama beberapa organisasi masyarakat melakukan Penanaman ribuan pohon di kaki Gunung Salak, atau lebih tepatnya lagi di sekitar Kampoeng Salaka dan sekitarnya.
Hal itu dilakukan dalam rangka peringatan hari bumi yang biasa di peringati tiap tanggal 22 April. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh ketua lembaga masyarakat desa hutan gunung salak (LMDHGS) Mardhi hidayatul fauzan dan beberapa tokoh masyarakat serta pimpinan ormas, dengan tujuan untuk menghidupkan bumi (tadabur alam) ketika melestarikan alam sekitar gunung salak yang termasuk di wilayah tamansari.
Kami disini bersama tokoh masyarakat lain nya akan terus bahu membahu untuk selalu menjaga kelestarian alam. Sebagai ketua LMDHGS saya wajib melakukan hal tersebut, dengan mengajak seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap alam dan lingkungan untuk turut serta menjaga kelestariannya.
“Selain kita harus baik dalam hablumminallah kitapun harus pandai dalam membina hablumminannas, dan jika keduanya telah dilakukan dengan baik, otomatis kitapun akan baik dalam melakukan hablummin alam,” ungkap Mardhi kepada wartawan, didampingi pendiri kampoeng Salaka Hj. Liliek, Selasa (25/4/17).
Mardhi melanjutkan, disini kita menanam beberapa jenis pohon bambu dan pakis, dimulai dari titik blok pasir salak, adapun manfaat dari penanaman pohon-pohon ini, selain untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor, juga dapat menyimpan air, sehingga kelangsungan ekositem disekitar wilayah tersebut dapat tetap terjaga, tahun lalu juga KTHW telah menanam hampir 10.000 bambu dan hasilnya bisa menghasilkan debit air yang sangat banyak karena tiap benjolan akar pohon itu bisa mengeluarkan air, dan pendiri Kampoeng Salaka ibu Liliek, sangat mendukung sekali pelestarian alam yang dilakukan oleh LMDH ini.
“Saya atasnama LMDH bersama Bunda Hj. Liliek sudah satu visi dan misi, yaitu untuk menata dan menghijaukan kembali wilayah disini, syukur Alhamdulillah bu liliek sangat mendukung penuh, ibu pun sangat antusias sekali untuk dapat melestarikan alam di wilayah ini, untuk itu juga saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pendiri kampoeng salaka ini, karena keberadaan kampoeng salaka ini  sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.
Pria yang pernah mendapat piala penghargaan dari kementrian kehutanan tersebut juga menjelaskan, jika keberadaan kampoeng Salaka ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena di kampoeng Salaka ini siapapun bisa menikmati panorama keindahan alam Bogor dan sekitarnya dari atas ketinggian, disinipun tersedia beberapa fasilitas yang nyaman untuk para pengunjung, dan itu semua Gratis tanpa dipungut biaya.
Saya harap, siapapun yang berkunjung ke tempat ini dapat selalu menjaga sikap dan perilakunya, karena ini semua demi kelestarian alam disekitar Kampoeng Salaka ini, dapat terjaga dengan baik.
“Saya harap kepada masyarakat yang berkunjung ke Kampoeng Salaka ini, agar dapat selalu menjaga dan mempunyai rasa memiliki tempat ini, karena tujuan di buat nya Kampoeng Salaka ini, untuk tujuan yang mulia serta tanpa Pamrih,” pungkasnya. (Nai)

Comments