Tingkatkan Daya Saing Forum UMKM Kabupaten Bogor, Jalin Kerja Sama Nurbaya Initiative

CIBINONG-

Tingkatkan daya saing Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di empat puluh kecamatan se Kabupaten Bogor jalin kerja sama dengan Nurbaya Initiative Jumat (28/4/17).

Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib mengatakan, pihaknya memang sengaja menggandeng Nurbaya untuk memasarkan produk para pelaku usaha kecil, salah satunya dengan jalur online. Sebab saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju sehingga perlu dilakukan inovasi dalam teknik pemasarannya.

“Maka pada hari ini kami membuat kesepakatan dengan Nurbaya Initiative agar hasil UMKM di Bumi Tegar Beriman
bisa dipromosikan secara online,” tutur Hasan saat ditemui bogorOnline.com di
aula Bank BJB Cabang Cibinong.

Hasan menambahkan, sekarang saja ada sekitar 708.598 UMKM di Pemkab Bogor yang sebagian besar penjualannya masih secara manual. Menyebababkan, para pelaku usaha Mikro sulit maju dalam menjual hasil olahhannya. Setelah adanya kerja sama tersebut dirinya ingin bisa naik kelas. Dan lebih berkembang lagi kedepannya.

“Untuk tahap awal kami akan melakukan pendataan ulang produk apa saja yang nantinya akan dipromosikan melalui jalur online ini,” tambahnya.

Sambung Direktur Nurbaya Initiative, Andy Syarif menjelaskan, bagi para pelaku UMKM yang bergabung sama tidak dipungut biaya pengelolaan toko online, pemberian domain, pendaftaran NPWP, pemasaran. Serta promosi disetiap market place yang telah bekerjasama hingga promosi di e-kiosk yang telah disiapkan oleh pihaknya. Maka sangat sayang sekali jika tidak ikut bergabung secara online, kerena jumlah usaha kecil yang ada sekarang bannyak.

“Ini kesempatan yang bagus memajukan UMKM, karena memiliki kesempatan berjualan yang luas,” tutupnya.(rul)

Comments