Dadang : Kirab Kebangsaan Tegaskan Kita NKRI

BOGOR – Selain dari Kabupaten Bogor, ribuan massa juga akan berpartisipasi dalam acara Kirab Kebangsaan Indonesia Raya yang akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (14/5/2017), besok.

Ketua DPC Taruna Merah Putih (TMP), Dadang Iskandar Danubrata mengatakan, dari Kota Bogor diperkirakan seribu orang akan ikut dalam acara tersebut. “Dari Kota Bogor targetnya seribu orang,” ujarnya

Menurut dia, Kirab Kebangsaan Indonesia Raya menjadi momentum penting untuk menegaskan kembali komitmen bangsa ini dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Terutama kalangan silent majority yang selama ini diam. Saya rasa Kirab Kebangsaan Indonesia Raya menjadi momentum bagi kita untuk kembali pada kesadaran bahwa kita (sebagai bangsa) berbeda-beda tapi tetap satu,” ujarnya.

Soal SARA, sosial, agama yang berbeda-beda, lanjutnya, jangan sampai menjadi persoalan yang ujungnya akan mengikis rasa persatuan dan kesatuan. “Dan kita komitmen bahwa Pancasila dasar negara,” imbuhnya.

Dadang menambahkan, Kirab Kebangsaan Indonesia Raya ini, akan menjadi ‘virus’ positif dalam menumbuhkan kesadaraan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Menurut dia, perbedaan yang dianugerahi Tuhan kepada bangsa ini, merupakan hal yang harus disyukuri dan dirawat dengan baik.

Ia juga meminta agar semua lapisan masyarakat untuk terus menyuarakan persatuan dan kesatuan, Bhineka Tunggal Ika, toleransi dan Pancasila sebagai dasar negara.

Diberitakan sebelumnya, ribuan orang dari berbagai organisasi massa Kepemudaan, Kebudayaan, Keagamaan dan masyarakat umum akan berkumpul di Stadion Pakansari, Minggu (14/5/2017) besok. Panitia menargetkan 7 ribu orang akan meramaikan acara Kirab Kebangsaan Indonesia Raya dengan tagline “Indonesia Bersatu” tersebut.

Ketua Panitia Kirab Kebangsaan Indonesia Raya, Egi Gunadhi Wibhawa mengatakan, acara ini mengambil tema Gotong Royong Kebangsaan untuk Menjaga Kebhinekaan di Bogor. “Tujuannya antara lain untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan, menjaga tradisi dan menjaga persatuan di Bogor,” katanya.

Egi yang juga Ketua DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Bogor menambahkan, Kirab Kebangsaan Indonesia Raya juga bertujuan untuk membangun sinergi Taruna Merah Putih dengan berbagai organisasi antara lain, GP ANSOR, Karang Taruna, IPPNU, IPNU, GMNI, PMKRI, PMII, Pemuda Pelopor, GEMA MA, BASOLIA, FP4GN, BNNK, DAMAS, PIK-R di Kabupaten Bogor dalam menggelorakan kebhinekaan.

Acara ini akan dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Bupati Bogor, Nurhayanti, Ridwan Kamil, Walikota Bandung dan Maruarar Sirait, Ketua Umum Taruna Merah Putih. Acara juga akan dimeriahkan penampilan kesenian dari berbagai daerah dan kuliner khas sejumlah daerah di Indonesia.

Acara terbuka untuk umum. Masyarakat yang ingin bergabung bisa mendaftar kepada panitia tanpa dipungut biaya alias gratis. “Kami juga menyiapkan hadiah menarik untuk peserta melalui kupon undian yang bisa diminta ke panitia,” imbuhnya.

Acara kirab akan dimulai Pukul 07.00 dari Gedung Kesenian Cibinong dan finish di Stadion Pakansari. Sejumlah panggung hiburan disiapkan untuk meramaikan acara (ful)

Comments