Mau Bulan Puasa Disperindag Pemkab Bogor, Sidak Pasar Dan Toko Moderen

CIBINONG-

Jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bogor lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk mengecek harga bahan pokok dan barang penting (Bapoting), di Pasar Citereup dan dan Toko moderen menjelang Bulan Suci Ramadhan 2017 pada Rabu (24/5/17).

Kapala Disperindag Pemkab Bogor Dace Supriadi mengatakan, sidak yang dilakukan oleh pihaknya saat ini guna memastikan Harga Sembilan Bahan Pokok dan barang penting kebutuhan masyarakat di Bumi Tegar Beriman selama bulan puasa nanti. Setelah dicek ke para pedagang yang ada di Pasar Citeureup ini, harga kebutan pokok masih dalam kondisi stabil. Yang biasanya memang ada kenaikan harga satu hari sebelum puasa, seperti informasi yang yang diterima oleh pihaknya dari para pedagang tersebut. Salah satu contohnya adalah harga daging sapi, saat ini masih Rp 110 ribu dan daging beku impor juga masih Rp 80 ribu satu kilonya.

“Penyembab kanikan harga tersebut dipacu oleh permintaan yang cukup tinggi,” kata Dace saat ditemui bogorOnline.com di lokasi.

Sambung Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Pemkab Bogor Jona Sijabat mengatakan, untuk hasil operasi pasar terhadap Bapoting memang ada sedikit kenaikan harga sedikit, 15 sampai 20 persen saja dari harga sebelumnya. Mulai dari beras Rp 5000 manjadi Rp 9000, minyak goreng Rp 12000 tetap sama, gula pasir Rp 13000 menjadi Rp 16000, telur ayam Rp 22000 turun menjadi Rp 21500, daging ayam 32000 jadi Rp 34000, terigu Rp 7000 tidak naik, susu kental manis Rp 9000 masih sama. Melihat ada sedikit kanikan pada hasil pendataan dipasar itu, dirinya akan melakukan kembali secara rutin memonitor harga barang-barang kebutuhan pokok setiap minggu, analisa harga dan penyusunan barang kebutuhan pokok, koordinasi dengan dinas terkait yang menyangkut masalah distribusi barang kebutuhan pokok.

“Kami juga akan menyediakan operasi pasar murah, untuk kebutuhan Masyarakat selama bulan Ramadhan ini,” tambahnya.(rul)

Comments