Pasar Cibinong Kurang Diminati Pembeli

Oleh : 

MIchellu Diliany

Politeknik Negeri Jakarta

 

Bogoronline.com – Cibinong – Pasar tradisional seringkali diidentikan dengan tempat yang kurang bersih, kurang nyaman, bahkan kumuh. Namun apakah hal itu membuat para pembeli enggan untuk berbelanja di pasar tradisional? Sepertinya tidak, bahkan kebanyakan pembeli lebih memilih berbelanja di pasar tradisional dibandingkan pasar modern yang jauh lebih baik fasilitasnya karena harga yang ditawarkan pasar tradisional jauh lebih murah.

 

 

Apakah ini yang dialami Pasar Cibinong pasca melakukan perenovasian? Pasar Cibinong memang mengalami perubahan yang jauh lebih baik dari segi kebersihan maupun kenyamanan. Para pedagang pun mengakui bahwa mereka lebih menyukai Pasar Cibinong yang sekarang dibandingkan yang dahulu, tetapi sebagian pun mengaku bahwa tingkat pembeli menurun setelah adanya renovasi.

 

Seperti Ibu Mulyanti, salah satu pedagang daging yang telah berjualan selama 7 tahun di Pasar Cibinong beliau mengatakan bahwa omset yang sekarang didapat menurun dibandingkan sebelumnya.

 

“ya lumayan neng kalo dibandingin sama yang sekarang mah jauh untungnya, banyakan yang dulu. Gak tau ya kenapa sekarang jadi ngurang langganannya” tutur Ibu Mulyanti.

 

Penurunan tingkat pembeli ini disebabkan oleh naiknya harga sewa kios dan membuat para pedagang pun harus ikut menaikan harga dagangan mereka. Hal ini mengurangi daya saing pasar tradisional dengan pasar modern.

 

Mungkin pemerintah setempat harus mengkaji ulang dan mencari solusi agar para pedagang di Pasar Cibinong ini terhindar dari gulung tikar akibat sepinya pengunjung.

 

 

Comments