Cegah Praktek Monopoli, KPPU Adakan Forum Jurnalis Di Bogor

SUKARAJA-

Cegah prektek monopoli Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU adakan forum jurnalis sekaligus buka puasa bersama (Bukber) di salah satu rumah makan yang berlokasi di Perum Grand Sentul City Blok C4.1 Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor Bogor, Senin (12/6/17).

Wakil Ketua KPPU R.Kurnia Syaranie mengatakan, pada bulan Ramadhan saat ini pihaknya memang sengaja mengundang awak media yang berada diwilayah Bogor untuk bersilaturahmi sekaligus memberikan sedikit penjabaran tentang langkah apa saja yang sudah dilakukan oleh KPPU sampai sekarang. Salah satunya adalah pelaksanaan UU no. 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Agar para pelaku usaha kecil bisa menjadi maju dan berkembang. Jangan sampai dipermainkan oleh para oknum kartel yang sengaja melakukan persaingan secara tidak sehat.

“Bila ditemukan ada yang bermain seperti itu akan diberikan sangsi sesuai aturan yang berlaku,” tutur Kurnia saat ditemui bogorOnline.com di lokasi hari ini.

Kurnia menambahkan, pihaknya juga selalu membuka lebar-lebar laporan dari masyarakat tak terlepas dalam hal ini juga warga Bumi Tegar Beriman bila terjadi dugaan praktek monopoli atau persaingan usaha tidak sehat. Untuk dilakukan penyelidikan, pemeriksaan terhadap kasus itu. Ada tujuh perkara pelanggaran persaingan usaha pada masa 2006 hingga 2017 ini. Dari tujuh perkara tersebut, total denda administrasi yang dijatuhkan Komisi kepada pelaku usaha mencapai Rp 212,05 miliar. Perkara yang telah dituntaskan tersebut adalah Perkara Nomor 01/KPPU-L/2016 terkait dugaan pelanggaran Pasal 22 UU Nomor 5/1999.

“Dalam perkara ini, KPPU menjatuhkan denda sebesar Rp 2,46 Miliar kepada empat pelaku usaha lantaran terbukti bersekongkol dalam tender,” tambahnya.(rul)

Comments