Komisi C Sidak Pembangunan Gedung Dewan, Pembebasan Lahan Belum Selelsai Bisa Hambat Pembangunan

Bogor – bogorOnline.com
Kegiatan pembangunan gedung DPRD Kota Bogor di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, terus menjadi perhatian. Setelah sebelumnya Walikota Bogor Bima Arya dan Wakil Ketua DPRD Heri Cahyono meninjau lokasi pembangunan, kini jajaran Komisi C DPRD Kota Bogor melakukan pemantauan ke lokasi pembangunan.
Dalam inspeksi mendadak itu, para wakil rakyat menyisir seluruh lokasi pembangunan, dari mulai lantai basemen sampai lantai empat. Semua progres pembangunan pun ditanyakan oleh Komisi C kepada pihak kontraktor pembangunan.
“Kita sudah melihat langsung aktifitas pembangunan, dan untuk gedung dewan ini pembangunannya sudah mencapai 51 persen,” kata Ketua Komisi C Laniasari.
Ia menjelaskan, progres pembangunan jalan terus dan pengawasan dilakukan hingga selesai nanti. Memang masih ada sejumlah progres yang belum terselesaikan diantaranya persoalan pembebasan lahan yang berlokasi di depan untuk akses pintu masuk.
“Kita melakukan pengawasan agar pembangunannya berjalan lancar. Pembebasan lahan yang belum dibebaskan diantaranya rumah sakit dan rumah makan. Pembebasan itu harus segera selesai April mendatang agar pembangunan berjalan sesuai perencanaan,” jelasnya.
Pembangunam gedung dewan dilaksanakan oleh PT Tirta Dhea Addonics Pratama  dengan Manajemen Kontruksi PT Arconin dan Konsultan Perencana PT Dhika Architama, dilaksanakan sejak 25 Oktober 2016 sampai 25 Desember 2017.
Manajemen Konstruksi PT Arkonin, Sutomo mengatakan, luas lahan sekitar 16 ribu meter persegi, dan yang dibangun sebanyak 14 ribu meter persegi. Progres saat ini sudah 51 persen diantaranya meliputi stuktur, arsitek dan mekanikal electrikan plumbing.
“Tidak ada kendala dalam pembangunan, hanya saja pembangunan eks sapety tank bekas kandang sapi harus di bongkar lagi. Terkait pembebasan lahan harus segera dilakukan dan 19 April itu ditargetkan sudah selesai dibebaskan,  sehingga pembangunan tidak terhambat dan bisa terus berjalan,” jelasnya.
Sutomo menambahkan, bangunan gedung ditargetkan bulan Desember sudah selesai dan jadi.
“Kalau sudah jadi nanti, beberapa ruangan sudah bisa dipergunakan, namun untuk ruangan lainnya masih dalam tahap finishing nanti,” pungkasnya. (Nai)

Comments