Reaksi Cepat BPBD Berikan Bantuan, Korban Tanggul Jebol PLTM Desa Cibunian

CIBINONG –

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bogor, memberikan bantuan pada korban bencana longsor dilokasi Kampung Muara Dua RT 03 RW 02, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Minggu (11/6/17). Bantuan tersebut, langsung disalurkan ke 12 kartu keluarga (KK) yang terkena bencana longsor akibat jebolnya tanggul/water way (saluran air) C. 1 B ukuran 8X24 meter, dan tinggi 10 meter milik PT Jaya Dinamika Giohidro Energi (JDG).

Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Bogor, Koesparmanto yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, TB Sumardi mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya bencana longsor di Kampung Muara Dua, Kecamatan Pamijahan, dirinya bersama tim langsung turun ke lokasi dan memberikan bantuan, baik tenaga maupun bantuan logistik yang sifatnya dasar.

“Anggota BPBD bersama Muspika Pamijahan, dalam hal ini unsur kecamatan, kepolisian dan TNI langsung melakukan penanganan,” ujar Sumardi kepada Wartawan di lokasi.

Sumardi menambahkan, kedatangan pihaknya juga untuk melakukan evakuasi terhadap korban bencana tersebut, BPBD pun memberikan bantuan kebutuhan dasar, seperti sandang dan pangan serta kebutuhan ibu yang baru melahirkan. Dalam kejadian tersebut, sedikitnya ada 11 rumah warga terkena banjir. Dua rusak ringan dan satu rumah rusak sedang, serta dua unit sepeda motor milik warga mengalami kerusakan akibat terbawa hanyut. Untuk sementara semua korban di ungsikan terlebih dulu ke rumah tetangga atau keluarganya yang lain di tempat aman.

“Kami juga memberikan bantuan sandang dan pangan, karena dalam kejadian itu, barang-barang milik korban terutama pakaian, semuanya tertimbun lumpur tanah,” tambahnya.(rul)

Comments