9 Khasiat Dibalik Pahitnya Daun Pepaya, Bagi Kesahatan

bogorOnline.com-

Berbeda dengan rasa buah papaya yang manis, daun pepaya terasa getir dan pahit. Tapi jangan salah, di balik rasa getir tersebut daun pepaya menyimpan segudang kebaikan untuk tubuh kita. Kita bisa mengonsumsinya dengan cara dimasak, direbus atau dibuat jus.

Dibalik rasa pahitnya daun pepaya memiliki sifat anti-kanker serta beberapa manfaat kesehatan lainnya dan sifat kemoterapi yang melindungi. Daun pepaya juga memiliki sifat anti-malaria.

Daun pepaya mengandung senyawa khusus yang disebut dengan papain, alkaloid, dan fenolik yang membantu dalam mencerna protein dalam tubuh dan dikenal bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan, inilah manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh:

1. Mendukung kesehatan hati

Tak banyak yang tahu bahwa makan daun pepaya bisa mendukung kesehatan hati dan mengobati penyakit hati seperti sirosis, kanker hati, dan penyakit kuning.

2. Merangsang produksi trombosit

Makan daun pepaya secara teratur dikenal mampu mendukung kesehatan tubuh dengan cara merangsang produksi trombosit darah.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan amilase, chymopapain, protese, dan papaine di dalam daun pepaya bermanfaat untuk mendukung sistem pencernaan tubuh.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Daun pepaya mengandung zat yang disebut dengan acetogenin, senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, termasuk mencegah penyakit malaria, demam berdarah, atau kanker.

5. Mengatur siklus menstruasi

Bagi kaum hawa sering mengalami nyeri menstruasi yang menyiksa? Cobalah untuk makan daun pepaya secara teratur. Sebab kandungan zat alami di dalamnya bisa mengurangi nyeri menstruasi serta melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

6. Menenangkan peradangan

Daun pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga bermanfaat untuk meredakan segala macam jenis peradangan dalam tubuh dan mencegah terjadinya peradangan lanjutan.

7. Meningkatkan energi

Apabila badan sering merasa letih dan lesu? Rajinlah makan daun pepaya setiap hari. Sebab sayuran sehat ini dikenal dapat meningkatkan tingkat energi serta melawan kelelahan.

8. Mengurangi tingkat gula darah

Diabetes bisa dicegah sejak dini dengan cara rajin makan daun pepaya, Sebab zat alami yang ada di dalam daun pepaya bisa mengurangi sensitivitas insulin dalam darah serta mengontrol kadar gula darah.

9. Melindungi kesehatan kardiovaskular

Daun pepaya mengandung zat antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka makan daun pepaya bisa melindungi sistem kardiovaskular dari bahaya apapun.

Selain dikonsumsi dengan cara direbus, daun pepaya bisa dijadikan tumisan daun pepaya. Pastikan saat memasak daun pepaya tidak terlalu lama agar kandungan nutrisi dalam daun pepaya tak hilang akibat panasnya suhu pemasakan.(rul)

Sumber: Sayangi.com

Comments