Abdul Azis UMKM Kabupaten Bogor, Harus Merubah Mindset

CIBINONG-

Kepala Bidang (Kabid) UKM Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bogor Abdul Azis mengatakan, saat ini pihaknya sedang membenahi mindset, dari seluruh pelaku usaha kecil yang ada pada wilayah Bumi Tegar Beriman. Agar mau berbenah diri dan bisa berkembang lebih baik lagi guna menghadapi persaingan. Memang diakui oleh dirinya, merubah pola pikir para pelaku UMKM itu tidaklah mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

“Akan tetapi itu semua itu bukan menjadi alasan untuk terus melakukan pembinaan kepada mereka. Agar mau menaikan level ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” kata pria yang biasa disapa Azis itu.

Azis menambahkan, salah satu kendala yang paling berpengaruh untuk kemajuan usaha kecil adalah cara meraka dalam berfikir untuk mengelola usahanya. Bayangkan sudah bertahun-tahun menjual keripik singkong yang dalam sehari menghasilkan 100 bungkus. Tatapi masih segitu saja tidak ma menambah hasil produksinya. Dikarenakan sudah nyaman dengan kondisi seperti itu. Hal tersebut sangatlah tidak bagus bagi kemajuan meraka sendiri yang seharusnya ada peningkatan tiap tahunnya.

“Kalau dibiarkan terus seperti itu tentunya lama kelamaan bisa gulung tikar, karena tidak bisa menaikan kualitas dari usahanya tersebut,” tambahnya saat ditemui bogorOnline.com di kantornya Senin (17/7/17).(rul)

Comments