Angkot Ber AC Dudi Utamakan, Keselamatan Dahulu

CIBINONG-

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor menyambut baik kebijakan dari Pemerintah Pusat Melalui Menteri Perhubungan, soal angkutan kota (angkot) ber Air Conditioner/AC).

Hal itu seperti penjelasan dari Kabid Angkutan pada Dishub Pemkab Bogor, Dudi Rukmayadi mengatakan, untuk wilayah Bumi Tegar Beriman sendiri aturan Angkot AC pada dasarnya pihaknya sepakat, tetapi harus mendahulukan aspek keselamatannya, setalah itu baru penambahan fasilitasnya. Karena bila Angkotnya nyaman namun tidak aman itu berbahaya, juga bagi para penumpang.

“Maka sebelum aturan tersebut diterapkan di Kabupaten Bogor, kami harus berkoordinasi dengan pihak terkait, supaya tidak terjadi kesalah pahaman,” kata Dudi saat ditemui bogorOnline.com di kantornya.

Sebelumya, Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Iswahyudi mengatakan, kebijakan dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Perhubungan, yang meminta agar seluruh angkutan kota (angkot) dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jasa, contohnya menyediakan pendingin udara (Air Conditioner/AC) pada tahun 2018. Hal itu tercantum pada Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek, salah satu satunya angkot di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Dengan adanya peraturan tersebut tentunya dapat menjadikan Angkot bisa bersaing dengan angkutan online yang memilki fasilitas yang memadai,” kata Iswahyudi saat ditemui bogorOnline.com di Dewan.(rul)

Comments