Enam Puluh Personil TRC BPBD Pemkab Bogor, Digembleng Water Rescue Dan Mfr

CIBINONG –

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dibekali pelatihan water rescue dan medical first responder (MFR) di Situ Cikaret, Kelurahan Harapanjaya, Kecamatan Cibinong. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pemkab Bogor Tb. Sumardi menjelaskan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan serta ketangkasan teknis dalam menangani bencana di air bagi TRC yang meliputi keselamatan, pengantar pertolongan, kedaruratan, personal floaing device, self rescue water survival, ombak dan arus, metode pertolongan di air, Defens Release, Towing Carry, dan Akses Pertolongan.

“Ada sebanyak 60 personil dilatih meningkatkan kemampuan dalam menggunakan sarana prasarana penanggulangan bencana seperti perahu karet, mesin perahu karet, handy talky (HT) dalam melaksanakan tugas pengkajian secara cepat dan tepat dilokasi bencana dalam waktu tertentu, dalam rangka mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, serta jumlah korban bencana,” tuturnya kepada Wartawan di lokasi.

Sumardi menambahkan, pelatihan ini rutin diselenggarakan setiap minggu sekali, pada hari senin sekaligus ntuk mengecek kondisi peralatan yang dimiliki BPBD. Sedangkan ujuan khusus antara lain agar personil TRC dapat melaksanakan tugas secara cepat dan tepat pada saat tanggap darurat sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi dengan menggunakan sistem penanganan darurat bencana dan pemanfaatan sumber daya manusia, peralatan dan perlengkapan yang ada, meningkatkan koordinasi, komunikasi, mobilisasi dalam penanganan darurat bencana, serta meningkatkan kemampuan pemahaman sistem komando penanganan darurat bencana.

“Maka dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kedepannya, anggota TRC dapat lebih mengenal dasar-dasar penyelamatannya. Anggota TRC nantinya tahu apa yang harus dilakukan jika melakukan penanganan korban bencana di air,” tambahnya.(rul)

Comments