Pemkab Bogor Harap Uji Kompetensi, Lahir Wartawan Profesional

CIBINONG-

Pemerintah Kabupaten Bogor berharap melalui Uji Kompetensi Wartawan dapat menjaring wartawan-wartawan yang profesional dan memahami aspek-aspek jurnalistik sesuai dengan standard kelayakan dan kepatutan menurut UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers. hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor Dr. Kardenal, ketika membacakan sambutan Bupati Bogor dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan Tahun 2017 di Gedung Tegar Beriman.

Kardenal mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan ouput yang dihasilkan mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi terciptanya kesamaan persepsi dan komitmen tentang masalah standar kelayakan dalam pemberitaan atau program jurnalistik, sehingga mendorong peningkatan kualitas karya jurnalistik, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor.

“Tentunya Pemkab Bogor mengharapkan melalui kegiatan ini, terlahir para wartawan yang benar-benar layak dan teruji, serta memiliki kedisplinan yang tinggi untuk mematuhi kode etik jurnalistik dan juga UU Tentang Pers. Untuk itu kita mendorong dewan pers dan PWI Kabupaten Bogor bersinergi mewujudkan sistem uji kompetensi yang andal dan juga objektif” terang Kardenal

Disamping itu, Kardenal juga menambahkan agar kegiatan uji kompetensi ini, para wartawan mampu merepresentasikan tujuan untuk menjaring kompetensi wartawan yang mampu mengembangkan jurnalisme positif, dalam arti bersifat edukatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai religi, serta kearifan lokal yang telah menjadi budaya komunikasi sosial antar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Pemerintah sangat yakin, apabila didukung oleh para wartawan yang memahami benar batasan-batasannya dalam menjalankan tugas jurnalistik,informasi yang akan diterima masyarakat melalui media massa akan selalu berkualitas, demikian juga dengan kasus-kasus penyiaran berita atau informasi yang tidak layak semakin berkurang dan pada akhirnya media massa akan memberikan kontribusi positif bagi terbangunnya harmoni di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari” tambah Kardenal (diskominfo/rul)

Comments