Tingkatkan Kemampuan Warga Binaan, Lapas Pondok Rejeg Berikan Keahlian

CIBINONG-

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Rajeg Kelas II A Cibinong melakukan sosialisasi terkait program pembinaan dilapangan secara langsung, guna memberikan kemampuan para napi di bidang keahliannya. Kepala Lapas (Kalapas) Pondok Rajeg Anak Agung Gde Krisna mengatakan, banyak persoalan yang paling krusial ketika para napi sudah bebas atau pasca penjara, terkadang ada beban moril yang dipikul para napi.

“Sekarang kita lagi berusaha menciptakan peluang agar seteleh mereka keluar (Napi), bisa langsung diterima oleh masyarakat,” ujarnya saat ditemui bogorOnline.com di Lapas.

Krisna menambahkan, pembekalan bagi para napipun diantaranya mengenai keahlian dibidang keagamaan, pendidikan dan bahkan music. Untuk skil sudah bayak yang memumpuni, ada yang bisa hadroh, band . Tapi yang terpenting masyarakat harus bisa menerima dilingkungannya. Pekerjaan rumah besar yang menjadi tugas pemerintah adalah bagaimana sinkronisasi dan integrasi pasca napi telah dinyatakan bebas, dengan memberikan kemampuan dan kesempatan ada di tengah tengah masyarakat.

“Karena masyarakat sejauh ini banyak pula yang tidak mengenal Lapas itu seperti apa,” tambahnya.(rul)

Comments