Dlh Jabar Sawala Ecovillage, DAS Ciliwung Kabupaten Bogor

CIAWI-

Sebagai upaya meningkatkan kepedulian terhadap sungai ciliwung dan menumbuh kembangkan gerakan budaya pelestarian lingkungan hidup dan sumber daya air di DAS Ciliwung serta mengoptimalkan pengembangan desa berbudaya. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Sawala Ecovillage DAS Ciliwung dengan tema “Lingkungan Tanpa Tapal Batas” di PT Pelindo II Persero, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada Rabu (30/08).

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang secara resmi membuka jalannya kegiatan mengatakan program ecovillage pada dasarnya merupakan revitalisasi  budaya gotong royong memelihara lingkungan yang dilakukan secara sinergis dan berkesinambungan. Oleh karena itu kata Deddy, tak hanya dijaga, kondisi lingkungan di Jawa Barat kini perlu segera diselamatkan.

“Faktanya sungai – sungai  di Jawa Barat tidak saja dikotori oleh sampah rumah tangga, tetapi juga limbah rumah tangga hingga limbah ternak dan industri sehingga berdampak pada tingginya tingkat pencemaran pada sebagian besar sungai di Jawa Barat  mulai dari cemar ringan hingga cemar berat,” ujarnya.

Untuk itu, Deddy mengajak melalui gerakan ecovillage ini agar seluruh komponen masyarakat di Jawa Barat yang meliputi 4 pilar yaitu, birokrat, dunia usaha, komunitas/masyarakat dan perguruan tinggi untuk bersama sama mengambil peran dalam menjaga dan memulihkan lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Mari kita hadirkan spirit, komitmen, dan aksi nyata melalui kegiatan berbasis masyarakat unuk menumbuh kembangkan empat aspek perilaku masyarakat berbudaya lingkungan yaitu aspek ekologi, ekonomi, sosial budaya dan spiritual,” imbaunya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk memperkuat kepedulian dan peran aktif masyakat dalam mengelola lingkungan sekitar dan memelihara kawasan sekitar sungai.

“Mari kita terus kampanyekan gerakan lima tidak, yaitu tidak menebang pohon di hulu sungai, tidak membuang limbah ternak, tidak membuang limbah rumah tangga, tidak membuang limbah industri dan tidak membuang sampah apapun ke sungai,” tegasnya.

Terakhir, orang nomer dua di Provinsi Jawa Barat tersebut juga memberikan apresiasi atas kehadiran dan kontribusi para kader ecovillage yang hadir, dan menilai kinerja mereka efektif dalam mengajak masyarakat agar berbudaya lingkungan.

Hadir pada kegiatan tersebut beberapa Pejabat di tingkat Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota Bogor serta tokoh lingkungan hidup.(Diskominfo/rul)

Comments