Golkar-PAN ajak PDIP Usung Jaro Ade

CIBINONG – DPD Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), mengajak PDI Perjuangan untuk berkoalisi pada Pilkada Bupati Bogor 2018 mendatang. Kedua partai tersebut sudah sepakat mengusung Ade Ruhandi sebagai Calon Bupati Bogor dan memberikan ruang kepada partai koalisi untuk menentukan siapa calon wakil bupati mendampingi ketua DPD Partai Golkar tersebut.
“Kandidat Golkar (Jaro Ade) telah mendapatkan rekomendasi dari DPP. Rekomendasi tersebut menyebutkan calon Ade Ruhandi sebagai calon bupati, tidak ada garis miring pakai wakil,” ujar tim Komunikasi DPD Partai Gilkar, Ahmad Tohawi, di kantor DPC PDIP Kabupaten Bogor, Cibinong, Jum’at (18/8).
Dengan demikian, jika PDIP setuju, koalisi ini akan mengusung jaro Ade sebagao Calon Bupati Bogor, sementara wakilnya akan ditentukan bersama-sama.
“Tentunya mekanismenya akan dikaitkan dengan partai. Kami tidak diberi kewenangan menunjuk. Tapi calonnya hasil kesepakatan bersama, dan juga akan disurvei oleh lembava survei yang disepakati,” kata dia.

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bogor, Permadi Ajid menambahkan, PAN sudah membuat kesepakatan dengan Golkar untuk mengusung Jaro Ade sebagai Bupati Bogor. “Maka kami datang bersama-sama untuk mengajak yang lain bergabung,” imbuhnya.

Mendapat ajakan tersebut, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bogor, Budi Sembiring mengatakan, partai terbuka dengan partai manapun untuk berkoalisi. Namun, kata dia, PDIP juga punya mekanisme sendiri dalam menentukan calon. “Seperti diketahui saat ini ada 10 orang bakal calon yang sedang diproses di DPP,” kata dia.

Buser menambahkan, apakah PDIP akan mengusung bupati atau wabup, akan bergantung pada dinamika dan juga bagaimana instruksi DPP. “Soal ajakan Golkar dan PAN tentu kami merespon baik. Apalagi hasil survei, kalau Golkar berkoalisi dengan PDIP berpeluang besar untuk menang,” tandasnya (ful)

Comments