Ini 5 Band Rock Terkenal Di Era 90an

bogorOnline.com-

Tahun 90an adalah era emas, itulah yang banyak orang katakan. Ada banyak kenangan menarik dari tahun 90an, salah satunya dari dunia musik. Di jaman ini sudah banyak grup band bergenre rock yang sangat populer. Untuk kembali bernostalgia dengan band rock masa lalu, berikut ini TahuPedia akan deretan 10 band rock terkenal era 90an tersebut. Anak tahun 90an pasti tahu dengan band rock bernama Oasis. Oasis ini merupakan band rock terkenal asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1991. Memiliki nama awa The Rain, Oasis pertama kali terdiri dari 4 orang yaitu Liam Gallagher, Paul Arthurs, Paul McGuigan, dan Tony McCarroll. Member kelima yang bergabung paling akhir merupakan kakak Liam yaitu Noel Gallagher.

Oasis menjalani debut pertamanya dengan album berjudul Definitely Maybe pada tahun 1994. Di tahun 1993, Oasis menandatangi kontrak resmi dengan perusahaan rekaman, Creation Records. Oasis telah mengalami beberapa pergantian member. Band asal kota Manchester ini aktif dari tahun 1991 sampai terakhir tahun 2009.

Foo Fighters

Foo Fighters adalah band bergenre rock yang masih aktif sampai sekarang. Pertama kali dibentuk di Seattle, Washington pada tahun 1994. Adalah ide dari drummer band Nirvana yaitu Dave Grohl yang memiliki ide untuk membentuk sebuah band rock baru setelah salah satu anggota band Nirvana yaitu Kurt Cobain meninggal dunia.

Memiliki posisi sebagai member resmi, Dave Grohl merilis album pertama Foo Fighters pada tahun 1995. Album tersebut diberi nama sesuai dengan nama band itu sendiri. Setelahnya, Grohl merekrut member lain yakni Nate Mendel yang bermain bass dan William Goldsmith yang bermain drum. Baik Nate dan William adalah mantan member Sunny Day Real Estate.

Alice in Chains

Alice in Chains sama dengan Foo Fighters, kedua band rock terkenal tersebut sama-sama lahir di kota Seattle, Washington. Hanya saja, Alice in Chain terbentuk lebih dahulu yakni di tahun 1987. Alice in Chains dibentuk pertama kali oleh Jerry Cantrell dan Sean Kinney. Kemudian mereka berdua mulai merekrut anggota lain yaitu Mike Starr dan Layne Staley. Alice in Chains memiliki genre heavy metal. Grup band asal Amerika ini sudah merilis 5 album studio, 2 live album, 4 album kompilasi, dan 2 DVD. Grup band Alice in Chain meroket di tahun 1990an seiring berkembangnya musik metal. Bersama Nirvana, Pearl Jam, dan Soundgarden, mereka membuat dunia musik rock semakin berwarna.

Blink 182

Sedikit lebih muda dari band Foo Fighters dan Alice in Chains, Blink 182 mulai aktif pada tahun 1992 sampai tahun 1995. Grup band ini terbentuk di kota Poway, California. Blink 182 adalah band yang mengusung genre rock punk. Muali tahun 2015, link 182 hanya beranggotakan 3 member yaitu Mark Hoppus, Travis Barker, dan Matt Skiba.

Orang yang pertama kali membentuk grup band ini adalah Tom Delonge, Mark Hoppus, dan Scott Raynor. Di tahun 1990an band Blink 182 mulai menarik perhatian banyak orang. Album debut pertama dari BLink 182 berjudul Cheshire Cat, diluncurkan pada tahun 1995. Album terakhir yang dirilis Blink 182 berjudul California pada tahun 2016.

Pearl Jam

Seattle seperti merupakan kota lahir sejumlah band rock terkenal 90an. Selain Foo Fighters dan Alice in Chain, kini ditambah lagi dengan Pearl Jam. Pearl Jam adalah band rock Amerika yang mulai dibentuk pada tahun 1990. Beranggotan 4 orang yakni Eddie Vedder, Mike McCready, Stone Gossard, dan Jeff Ament. Di tahun 1998, Pearl Jam menambah personil membernya yaitu Matt Cameron dan tahun 2002 ditambah lagi dengan Boom Gaspar. Pearl Jam mulai menghentak dunia musik rock dunia pada tahun 1991 dengan album pertamanya yang berjudul Ten. Mulai saat itu, dunia mulai tertarik dengan musik yang dibawakan oleh Pearl Jam.(rul)

Sumber: tahupedia.com

Comments