Ini Harapan Warga Usai Parade Kebhinekaan

PARUNGPANJANG – Acara Puncak Parade Kebhinekaan Nusantara disambut antusias oleh Masyarakat dari berbagai wilayah se Kabupaten Bogpr.

Salah satu warga RT 03/04, Kampung Dago Rabak, Desa Dago, Jaenal (45) mengaku datang pukul 06.30,.bersama 20 Warga lain dari tempat asalnya. “Kami senang dengan acara seperti ini, dan berharap perbedaan yang ada justru saling menguatkan,” ujarnya.

Acara yang menampilkan keragaman Indonesia itu, seperti berbagai macam tarian di tampilkan dan di buat sangat bagus seperti aslinya, misalnya tarian-tarian daerah, lalu ada juga penampilan barongsai yang dimainkan sangat lincah oleh peserta parade. Seni-seni tradisional seperti tari-tarian khas Jawa Barat dan Sumatra Barat, berhasil menyedot perhatian penonton.

Jaenal mengatakan, dengan adanya parade Kebhinekaan ini jangan sampai ada kerusuhan atas nama apapun khususnya di Kecamatan Parungpanjang. “Acara ini sangat bagus mudah-mudahan kedepannya bisa diadakan lagi, kalau bisa setiap tahun dan lebih meriah lagi,” katanya.

Sementara itu, Warga Kabasiran Desa Kabasiran, Rohanda menuturkan, sebagai warga Parungpanjang, ia menyambut baik kegiatan yang merupallkan rangkaian kegiatan menyambut kemerdekaan. “Saya sangat senang dengan adanya acara seperti ini, paling tidak berharap dengan momen seperti ini masyarakat banyak lebih tahu tentang Parungpanjang,” terangnya.

Rohanda menambahkan, Indonesia sebagai negara yang beragam menjadi contoh dunia bagaimana menata hidup dalam keragaman. Menurut dia, dunia mengagumi sikap Indonesia yang tercermin dalam semangat Bhineka Tunggal Ika. “Siapa sih yang tidak senang tentang kebhinekaan di Indonesia. Berbeda tapi bisa hidup rukun. Meskipun di Indonesia ini mayoritas muslim tapi kita menyadari bahwa kita ini juga terdiri atas agama-agama lain,” kata dia

Senada, Uun komunitas Bogor Barat menuturkan, dengan adanya karnaval ini bisa memberikan semangat persatuan meski berbeda tapi satu. “Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi sama. Kita ini pancasila harus bersatu dari sabang sampai merauke,” Pesannya. (mul)

Comments