Menjadi Keynote Speaker Workshop Manajemen Talenta BKN Se-ASEAN, Bima Arya Paparkan Best Practice

Bogor – bogorOnline.com

Walikota Bogor Bima Arya menjadi Keynote Speaker dalam Acara Workshop of Talent Management For Senior Services (ASN Se-ASEAN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang digelar di ruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Kamis (3/8/17).

Pada kesempatan itu, Bima memaparkan tentang Best Practice (suatu ide atau gagasan) dan studi kasus dari masing-masing negara serta studinya seperti apa. Demikian pula terkait dengan persamaan dan perbedaannya. Beberapa hal lainnya mengenai kajian atau masukan-masukan terhadap kegiatan yang sedang dilakukan. Mulai dari remunerasi, profesionalitas dan efektifitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sebagainya.

Bima menyebutkan, event ini pun digunakan untuk mempromosikan Kota Bogor.

“Kami ajak mereka ke titik-titik yang menarik untuk dikunjungi seperti Kebun Raya Bogor, Balai Kirti dan Kelurahan Katulampa yang terbaik di Jawa Barat,” terang Bima.

Ditempat yang sama, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Irwan Hermanto menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sudah direncanakan. Untuk tahun ini mengenai Talent Management bagi senior executive. Irwan juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang telah bersedia menjadi tuan rumah acara ini.

“Acara ini berlangsung dengan sukses dan lancar,” kata Irwan.

Sekedar informasi, Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menggelar kerja sama antarnegara anggota dalam berbagai bidang. Salah satu kerja sama yang aktif dilakukan adalah kerjasama dalam bidang manajemen kebijakan dan administrasi publik.

Dalam pertemuan kedua ASEAN Standing Committe yang digelar pada tahun 1980 didirikanlah ASEAN Conferenceon Reforms in the Civil Service (ACRCS). Pada tahun 1987, ACRCS kemudian berubah nama menjadi ASEAN Conference on Civil Service Matters (ACCSM) yang memfokuskan diri pada penguatan kerjasama regional untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem kepegawaian dan tata pemerintahan.

Secara lebih detail, pendirian ACCSM bertujuan untuk bertukar informasi, pengalaman dan praktek terbaik dalam pelayanan sipil dan pengembangan sumber daya manusia. (Nai/ist)

Comments