Kadis Panji: Kabupaten Bogor Borong Belasan, Penghargaan Lingkungan Hidup

CIBINONG-

Insan lingkungan hidup maupun pihak sekolah di Bumi Tegar Beriman memborong penghargaan baik di tingkat Provinsi Jawa Barat maupun tingkat nasional 2017. Bahkan salah satu penghargaan diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo yang diwakilkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta dalam perayaan hari lingkungan hidup tingkat nasional.

Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Panji Ksatriyadji mengatakan tahun ini insan lingkungan hidup dan sekolah meraih 15 penghargaan lingkungan hidup baik tingkat Provinsi Jawa Barat maupun nasional.

“Tahun ini ada 11 Sekolah yang mendapatkan penghargaan Raksa Prasadha karena sekolah tersebut dinilai sudah berbudaya lingkungan, satu satgas lingkungan hidup juga meraih penghargaan karena menjadi pelopor pemberdayaan masyarakat dan DLH kabupaten Bogor juga mendapatkan penghargaan sebagai penyusun terbaik. Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Semua penghargaan diatas kami dapat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujar Panji Ksatriyadji kepada Warga di kantornya Kamis, (3/8/17).

Panji menambahkan, untuk tingkat nasional, SD Al Azhar 27 Cibinong dan DLH juga mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata dan pendamping sekolah  adiwiyata mandiri. Penghargaan sebagai sekolah adiwiyata dan pendamping sekolah  adiwiyata mandiri ini berhasil kita raih setelah bertahun-tahun tak mendaparkannya. Dalam meraih penghargaan ini penilaiannya sangat ketat dan tak mudah karena sekolah tersebut harus bisa membina sekolah lain untuk peduli lingkungan dan lainnya. Penghargaan diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan diserahkan langsung oleh Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Akhir tahun ini, DLH juga mengajukan 11 desa untuk meraih penghargaan tingkat nasional yaitu program kampung iklim  (Proklim) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungam Hidup dan Kehutanan. Tahun lalu kita meraih dua sertifikat penghargaan Proklim karena berhasil mengadaptasi dan memitigasi perubahan lingkungan dan tahun ini mudah-mudahan dapat lagi karena kami sudah lama melakukan pembinaan ke desa-desa,” tambahnya.(rul)

Comments